KORELASI GAYA PENETRASI YANG DIBUTUHKAN UNTUK CPT DAN UNTUK INSTALASI PONDASI TIANG JACK-IN

Alvin Gilbert Tandiputra(1*), Haven Kusuma Markho(2), Gogot Setyo Budi(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Hydraulic jack-in merupakan suatu metode pemancangan pondasi tiang yang memiliki mekanisme kerja yang relatif sama dengan metode pengujian Cone Penetration Test (CPT). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan korelasi antara penetrasi pondasi tiang dengan metode Jack-in pada kondisi mobilize dengan penetrasi untuk menekan bikonus pada pengujian CPT. Penelitian ini juga dilakukan untuk mendapatkan perbandingan antara daya dukung tiang pada saat pemancangan (mobilize) dengan daya dukung tiang melalui pengujian CPT. Dari analisa yang dilakukan diketahui korelasi gaya penetrasi yang paling baik dapat ditemukan pada lapisan tanah lempung yang lunak. Pada lapisan tanah yang lebih kaku, gaya penetrasi yang dibutuhkan untuk memasukkan tiang ke dalam tanah lebih rendah daripada yang didapat melalui pengujian CPT. Secara umum, gaya penetrasi untuk memasukkan tiang ke dalam tanah lebih rendah daripada daya dukung tiang yang diprediksi menggunakan data CPT

Keywords


jack-in, cpt, korelasi, dan mobilize.

Full Text:

PDF

References


Budi, G.S. (2015). “Preliminari Report on the Effect of Pre-Boring on the Mobilized Friction Capacity of Pile Foundation Hydraucally Jacked Into Expansive Soil.” Civil Engineering Dimension, Vol. 17, No. 1.

Gunawan, S. dan Pradhietya, R. I. (2008). Korelasi antara Dutch-Cone dan Jacked Pile, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia.

Hardiyatmo, H. C. (2010). Analisis dan Perancangan Fondasi : Kapasitas Dukung Tiang dari Uji Kerucut Statis (Cone Penetration Test, CPT) (2 ed.), Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, Indonesia.

Jawat, I. W. (2016). Metode Pelaksanaan Pekerjaan Tiang Pancang Sistem Hidraulik Jack-in, 5(1), 45.

Mahler, A. (2003). Use of Cone Penetration Test In Pile Design. Budapest Unversity of Technology and Economics, Budapest, Hungary.

SNI 2827:2008. (2008). Cara Uji Penetrasi Lapangan dengan Alat Sondir. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.

White, D. J. & Deeks, A. D. (2007). Recent Research into the Behaviour of Jacked Foundation Piles. Cambridge University Engineering Department, UK


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :