PENGARUH KADAR KAPUR DAN KEPADATAN TERHADAP KUAT GESER TANAH LEMPUNG EKSPANSIF

Alexander William, Yohanes Oentardjo, Daniel Tjandra, Johanes Suwono

Abstract


Tanah sebagai dasar perletakan suatu struktur bangunan harus mempunyai daya dukung tanah yang baik. Tanah yang mempunyai daya dukung tanah yang baik mampu memikul beban kerja seluruh bagian bangunan. Tanah lempung di Citraland Surabaya termasuk tanah lempung ekspansif. Sifat tanah lempung ekspansif sangat dipengaruhi oleh perubahan musim karena dapat menyebabkan perubahan kuat geser pada tanah tersebut. Perubahan kuat geser tanah dapat menimbulkan kerusakan pada bangunan yang berdiri diatasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh penambahan kadar kapur dan kepadatan terhadap kuat geser tanah lempung ekspansif. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil contoh tanah di Citraland Surabaya dengan penambahan kapur sebesar 0%, 6%, 10% dengan pemadatan masing – masing sebesar 15 kali, 35 kali, 65 kali. Hasil yang didapatkan adalah nilai California Bearing Ratio (CBR) tertinggi terjadi pada keadaan unsoaked pada kadar kapur 10% dengan pemadatan 65 kali tumbukan yaitu sebesar 20.46%. Sedangkan CBR tertinggi pada keadaan soaked terjadi pada saat kadar kapur 10% dengan pemadatan 35 kali yaitu sebesar 4.80%.

Keywords


tanah lempung ekspansif, kuat geser tanah, kadar kapur, california bearing ratio

Full Text:

PDF

References


Budi, G.S., Denny, S.A. & Jaya, A.T. (2002). Pengaruh Pencampuran Abu Sekam Padi dan Kapur

Untuk Stabilisasi Tanah Ekspansif. Dimensi Teknik Sipil. Vol. 4, no. 2, 94-99, ISSN 1410-9530. Universitas Kristen Petra.

Hardiyatmo, H.C., (1992). Mekanika Tanah. Jakarta; PT. Gramedia Pustaka Utama.

Idrus. (1991). Stabilitas pada Lempung Losari dengan Kapur dan Semen. Tesis Studi S2 Jurusan Teknik Sipil Geoteknik Institut Teknologi Bandung.

Sutikno & Damianto, Budi. (2009). Stabilisasi Tanah Ekspansif Dengan Penambahan Kapur (Lime): Aplikasi Pada Pekerjaan Timbunan. Jurnal Teknik Sipil & Perencanaan. Vol. 11 No. 2, 101-108.

Tjandra, Daniel, Indarto & Soemitro, A.A.R. (2015). Behavior of Expansive Soil under Water Content

Variation and Its Impact to Adhesion Factor on Friction Capacity of Pile Foundation. Civil Engineering Dimension. Vol. 10, no. 18, ISSN 0973-4562.

Trihatmoko, John & Lulie, Yohanes. (2007). UCS Tanah Lempung Ekspansif yang Distabilisasi Dengan Abu Ampas Tebu dan Kapur. Jurnal Teknik Sipil. Vol. 8 No. 1, 64-77.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :