PENERAPAN METODE TIME IMPACT ANALYSIS PADA SEBUAH PROYEK BANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT DI SURABAYA

Yonri Tjanlisan, Rivan Cuntoro, Paulus Nugraha

Abstract


Ketepatan waktu merupakan tujuan utama bagi owner maupun kontraktor. Namun keterlambatan tidak dapat dihindari, dan keterlambatan ini dapat mengakibatkan bertambahnya durasi proyek dan biaya proyek yang dikeluarkan. Delay Analysis dikembangkan untuk mengatasi keterlambatan. Salah satu metode yang ada yaitu Time Impact Analysis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menganalisa keterlambatan yang terjadi pada sebuah bangunan bertingkat di Surabaya menggunakan metode Prospective Time Impact Analysis. Metode ini dilakukan dengan membandingkan As-Planned Schedule dengan Impacted Schedule yang telah dibuat. Penelitian ini menggunakan Master Schedule yang diolah menjadi As-Planned Schedule dan As-Built Schedule yang dibuat berdasarkan fakta di lapangan. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan, didapatkan hasil berupa pertambahan durasi pekerjaan, pekerjaan yang mengalami keterlambatan dan hasil ini dapat digunakan untuk proyek yang akan datang sebagai pengalaman. Hasil yang didapatkan kurang maksimal dikarenakan kurangnya data seperti Site Memo, Critical Path Method (CPM), dan Master Schedule yang diberikan kurang detail.

Keywords


analisa, time impact analysis, keterlambatan

Full Text:

PDF

References


Arditi, D., and Pattanakitchamroon, T. (2006). “Selecting a Delay Analysis Method in Resolving Construction Claims.” International Journal of Project Management, 24(2), 145–155.

Barba, E. M. (2005). “Prospective and Retrospective Time Impact Analysis.” Contruction Briefings.

Braimah, N. (2013). Construction Delay Analysis Technique-Areview of Application Issue and Improvemeent Needs. Civil Enggineering Department, School of Engineering and Design, Brunel University, Uxbridge.

Proboyo, B. (1999). “Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek: Klasifikasi dan Peringkat dari Penyebab-penyebabnya”. Dimensi Teknik Sipil. Volume 1, No. 1 Maret 1999.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :