PENGARUH PERBEDAAN FASILITAS PARKIR DAN INSENTIF TERHADAP PENGGUNAAN MOBIL CIVITAS ACADEMICA UNIVERSITAS KRISTEN PETRA

Rivaldo Aditya Sutanto, Isaiah Osmond, Rudy Setiawan

Abstract


Kemacetan di lingkungan Universitas Kristen Petra diduga disebabkan oleh banyaknya civitas academica yang pergi ke kampus menggunakan kendaraan pribadi dan berkendara sendiri. Maka dari itu, salah satu upaya untuk
kemacetan di lingkungan Universitas Kristen Petra adalah dengan berkendara bersama. Penelitian ini bertujuan untuk Membuat model pemilihan penggunaan mobil dengan berkendara sendiri dan berkendara bersama ke kampus serta Mengetahui perbedaan fasilitas parkir dan pemberian insentif yang paling mempengaruhi civitas academica UK Petra untuk beralih dari berkendara sendiri menjadi berkendara bersama. Civitas academica yang dimaksud dalam penelitian ini adalah mahasiswa, tenaga kependidikan dan dosen. Untuk meningkatkan jumlah mahasiswa; tenaga kependidikan dan dosen untuk berkendara bersama, perlu dilakukan kebijakan berupa pemberian insentif. Variabel insentif yang diduga dapat meningkatkan jumlah untuk berkendara bersama adalah perbedaan tarif sekali parkir, waktu mendapatkan petak parkir, waktu berjalan dari lahan parkir ke tempat kegiatan, pemberian insentif atap, pemberian insentif petak parkir yang dikhususkan, voucher belanja di koperasi, voucher cuci mobil, voucher makan di kantin kampus, voucher taxi, voucher BBM untuk tenaga kependidikan dan dosen, dan kredit poin pengabdian masyarakat untuk mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan metode Stated Preference kepada 250 civitas academica pengguna mobil pribadi. Dari hasil analisis diketahui bahwa atribut yang paling mempengaruhi mahasiswa memilih berkendara bersama adalah kredit poin pengabdian masyarakat dan tarif sekali parkir. Sedangkan atribut yang paling mempengaruhi tenaga kependidikan dan dosen memilih berkendara bersama adalah waktu mendapatkan parkir dan waktu berjalan dari lahan parkir ke tempat kegiatan

Keywords


berkendara bersama, pemilihan moda, fasilitas parkir, insentif

Full Text:

PDF

References


Binus. (2015a). Alpha dan P-Value dalam Statistik. Binus University, (September 6, 2017)

Binus. (2015b). Anova (Analysis of Variance). Binus University, (September 6, 2017)

Encyclopedia, T., and Institute, V. T. P. (2015). Campus Transport Management Trip Reduction Programs on College, University and Research Campuses, (May 31, 2017)

Encyclopedia, T., and Institute, V. T. P. (2017). Ridesharing Carpooling and Vanpooling. Campus Transport Management Trip Reduction Programs on College, University and Research Campuses, (May 31, 2017)

Hanavie, A., dan Setiawan, R. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Menggunakan Sepeda.

Jawapos. (2014). Kendaraan di Surabaya Tambah 17 Ribu Lebih Sebulan. Jawa Pos, (April 25, 2017)

Santoso, A. B. (2017). Penjelasan dan Tutorial Lengkap Regresi Berganda. Belajar Menulis, (December 13, 2017)

Simanjuntak, E. F. (2009). Analisa Pemilihan Moda Transportasi Bus Angkutan Kota dan Kereta Api Rute Medan Tanjung Balai Terhadap Kenaikan Harga BBM.

Ulwan, M. N. (2015). Cara Mendeteksi Data Outlier dengan SPSS. Portal Statistik, (September 6, 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :