PENGARUH SENGKANG LUAR DAN SENGKANG DALAM TERHADAP KEKUATAN TEKAN PIPA BETON

Nico Christian S, Mauriciano Victourious L, Gogot Setyo Budi

Abstract


Beton merupakan bahan utama yang sering digunakan untuk pondasi. Tiang pancang berongga atau pipa beton dengan rongga terbentuk akibat proses spinning yang dihasilkan melalui gaya sentrifugal pada saat proses pemadatan. Berbeda dengan beton pejal, keruntuhan pipa beton dapat terjadi pada sisi bagian luar maupun dalam dinding pipa beton, Pada penelitian ini, dicoba penambahan perkuatan tekan pada pipa beton dengan cara memberikan sengkang bulat pada dinding luar pipa beton dan sengkang dalam pada dinding bagian dalam pipa beton. Ukuran diameter tulangan yang digunakan untuk pembuatan sengkang bulat dan tulangan sengkang adalah 6mm. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa pemberian sengkang bulat dan sengkang dapat meningkatkan kekuatan tekan pipa beton dan regangan, serta pemberian sengkang yang paling optimal dengan bentuk segi empat dan segi lima, walaupun hasilnya tidak konsisten dan pemberian tulangan sengkang secara umum dapat meningkatkan regangan walaupun beberapa sampel pipa beton memiliki gaya tekan beton lebih kecil jika dibandingkan dengan pipa beton tanpa pemberian tulangan

Keywords


beton, pipa beton, spinning, dinding pipa beton, gaya sentrifugal, perkuatan pipa beton

Full Text:

PDF

References


Badan Standarisasi Nasional. (1990). SNI 03-1974-1990 Metode Pengujian Kuat Tekan Beton. BSN. Jakarta

Budi, G.S., Suseno, P. K., Winata, S. K. (2017). “Spinning Induced Compression Strength of Precast Hollow Concrete Piles.” Civil Engineering Dimension, Vol 19, No.2 , 99-104.

Kintarman, Sutedja, S., Budi, G. S., Koentjoro, H. (2017). “Pengaruh Perkuatan Menggunakan Clamp pada Kekuatan Silinder Beton Berongga.” Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil, Vol 6, No 2.

Pudjisuryadi, P., Suprobo, P., Tavio (2015). “Strength and Ductility of External Steel Collared Concrete Columns under Compressive Loading.” Journal of Asian Concrete Federation, Vol 1, No 1, 47-56.

Safitri, E., Imran, I., & Nuroji. (2017). “Concrete Strength Enhancement Due to External Steel Ring Confinement.” Procedia Engineering, 171, 934–939.

Sasmita, Y. N., Hutomo, S., Budi, G. S., Koentjoro, H. (2017). “Pengaruh Steel Fiber pada Kekuatan Tekan Pipa Beton.” Jurnal Dimensi Pratama teknik Sipil, Vol 6, No 2.

Tjandra, C., Prasetya, D.E., Budi, G.S., Koentjoro, H. (2017). “Pengaruh Polypropylene Fibres pada Kekuatan dan Modulus Elastisitas Silinder Beton Berlubang.” Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil, Vol 16, No 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :