PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK BAN BEKAS PADA CAMPURAN ASPAL EMULSI DINGIN UNTUK PERKERASAN JALAN RAYA

Levina Horas, Glenys Devina, Paravita Sri Wulandari, Harry Patmadjaja

Abstract


Penelitian ini menggunakan Campuran Aspal Emulsi Dingin (CAED), agregat bergradasi rapat dan serbuk ban bekas sebagai aditif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan serbuk ban bekas terhadap karakteristik campuran aspal emulsi dingin. Penelitian ini menggunakan kadar aspal 8% dari berat agregat dengan variasi serbuk ban bekas 2%, 4%, dan 6% dari berat total campuran. Dari hasil pengujian ini didapatkan nilai VIM yang semakin meningkat seiring dengan penambahan serbuk ban bekas namun masih pada batas standar spesifikasi

Keywords


campuran aspal emulsi dingin, serbuk ban bekas, aditif, VIM

Full Text:

PDF

References


AASHTO. (1982). Standart Specification For Transportation Materials and Method of Sampling and testing, Part II, Specification, 13th Edition, Washington, D.C , Amerika Serikat.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1991). Spesifikasi Khusus Campuran Aspal Emulsi Dingin (CAED), Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta, Indonesia.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2010). Spesifikasi Umum Edisi 2010 (Revisi 3), Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta, Indonesia.

Muliawan, I.W. (2011). Analisis Karakteristik dan Peningkatan Stabilitas Campuran Aspal Emulsi Dingin (CAED), Tesis Program Pascasarjana Universitas Udayana, Bali, Indonesia.

SNI 4798:2011. (2011). “Spesifikasi Aspal Emulsi Kationik. Badan Standarisasi Nasional”, Jakarta, Indonesia.

Sugiyanto,G. (2008). “Kajian karakteristik campuran hot rolled asphalt akibat penambahan limbah serbuk ban bekas” , Jurnal Teknik Sipil Universitas Atmajaya Yogyakarta, 91-104 (January 31, 2015).

Sukirman, S. (1999). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung, Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :