ANALISIS PENGGUNAAN GEOTEKSTIL UNTUK PERKUATAN TIMBUNAN DI ATAS TANAH LUNAK DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI PLAXIS 2D

Joseph Richard, Daniel Tjandra, Paravita Sri Wulandari

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak penggunaan geotekstil sebagai perkuatan timbunan. Perkuatan dilakukan karena seiring waktu, beban dari timbunan akan selalu bertambah, contohnya beban lalu lintas. Menghadapi pertambahan beban ini wajib diikuti dengan perkuatan tanah, salah satunya dengan penggunaan geotekstil di atas tanah dasar dan di dasar dari timbunan.
Analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan program Plaxis 2D untuk mengetahui kondisi kombinasi tanah dasar dan tanah timbunan mula mula. Dari simulasi model program pada Plaxis, didapatkan tiga hal utama, yaitu angka keamanan, penurunan, dan pola keruntuhan. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa semakin lunak tanah dasar, maka perkuatan di atas tanah dasar yang lebih lunak memberi efek lebih daripada perkuatan di atas tanah dasar yang lebih kuat. Selain itu, dalam batasan kekuatan tanah tertentu, perkuatan geotekstil mulai memberi dampak yang tidak signifikan pada kondisi tanah dasar yang sudah kuat.

Keywords


plaxis, geotekstil, angka keamanan, penurunan, pola keruntuhan, deformasi geotekstil

Full Text:

PDF

References


Kasim, F., Marto, A., Othman, B. A., Bakar, I., & Othman, M. F. (2013). Simulation of Safe Height Embankment on Soft Ground Using Plaxis. APCBEE Procedia 5, 152-156.

Departemen Pekerjaan Umum Indonesia. (2009). Pedoman Konstruksi dan Bangunan: Perencanaan dan Pelaksanaan Perkuatan Tanah dengan Geosintetik. Jakarta.

Tay, P. A., Adi, F. S., Tjandra, D., & Wulandari, P. S. (2014). Analisa Perkuatan Geotekstil pada Timbunan Konstruksi Jalan dengan Plaxis 2D. Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil Universitas Kristen Petra, 3(2).

Terzaghi, K. (1943). Theoretical Soil Mechanics. John Wiley and Sons, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :