PENGUKURAN PRODUKTIVITAS DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PEKERJAAN KONSTRUKSI DENGAN METODE HALF-SLAB (STUDI KASUS PADA APARTEMEN “X” DI SURABAYA)

Hongki Cahyo(1*), Stefanus Rianto(2), Andi Andi(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengukuran Produktivitas merupakan hal penting dalam proyek yang bertujuan untuk menentukan keberhasilan suatu proyek konstruksi sudah sesuai dengan jadwal yang direncanakan atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung produktivitas metode half-slab serta untuk mengetahui faktor-faktor eksternal apa saja yang memengaruhi dalam mencapai produktivitas yang ideal. Salah satu metode untuk mengukur produktivitas adalah level of effort. Metode level of effort merupakan salah satu metode pengukuran produktivitas dengan cara memberikan bobot pada masing - masing sub pekerjaan. Sedangkan pengukuran faktor dengan memberi bilangan biner yaitu 0 bila tidak terjadi faktor dan 1 bila terjadi faktor. Hasil perhitungan dari kedua metode akan dikombinasikan dan menghasilkan faktor apa saja yang paling mempengaruhi produktivitas serta kerugian jam kerja yang dihasilkan oleh faktor tersebut. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai rata-rata daily productivity dari apartemen ”X” sebesar 10,524 m2/MH, sedangkan baseline productivity sebesar 14,635 m2/MH. Faktor pekerja menyebabkan persentase pengurangan produktivitas paling besar yaitu 49,979%, serta menyebabkan kehilangan jam kerja paling tinggi sebesar 794,674 MH.

Keywords


produktivitas, half-slab, level of effort, faktor

Full Text:

PDF

References


Oglesby, C.H., Parker, H.W., and Howell, G.A. (1989). Productivity Improvement in Construction, McGraw-Hill Book Company, New York.

Thomas, H.R. (2000). Principles of Construction Labor Productivity Measurement and Processing: Final Report, Pennsylvania Transportation Institute Pennsylvania State University, Pennysylvania.

Thomas, H.R., Riley, D.R., and Savindo, V.E. (1999). “Loss of Labor Productivity Due to Delivery Methods and Weather.” Journal of Construction Engineering and Management, 125(1), 39-46.

Thomas, H.R., and Savindo, V.E. (2000). “Role of The Fabricator in Labor Productivity.” Journal of Construction Engineering and Management, 126(5), 358-365.

Wijaya, M.H. (2011). Evaluasi Kinerja Half-Slab Akibat Pembebanan Gravitasi dan Gempa Bumi. Skripsi, Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Indonesia Depok.

Wijaya, Y.A., and Nugroho, A. (2012). Studi Kasus Pengukuran Produktivitas dan Pengaruh Faktor-faktor pada Pekerjaan Plafon. Skripsi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanan, Universitas Kristen Petra Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :