HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KERJA DENGAN MOTIVASI PEKERJA PADA PERUSAHAAN KONSTRUKSI DI SURABAYA

Fredy Heryanto, Kevin Matthew, Herry Pintardi Chandra, Soehendro Ratnawidjaja

Abstract


Industri konstruksi di Indonesia masih dikatakan baru berkembang sekitar tahun 1970. Perkembangan yang pesat ini sangat dipengaruhi oleh peranan pekerja di bidang konstruksi. Pekerja berpengaruh sangat besar terhadap keberhasilan proyek konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara kepuasan kerja dengan motivasi pekerja pada perusahaan kontraktor di Surabaya. Saat ini, penelitian tentang hubungan kepuasan kerja dengan motivasi belum terfokus kepada keduanya. Untuk melakukan penelitian ini, sampel yang digunakan berjumlah 90 staf pekerja lapangan di perusahaan kontraktor di Surabaya. Data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner kepada staf pekerja lapangan perusahaan kontraktor di Surabaya. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan software PLS. Dari kuesioner yang dibagikan menunjukan faktor yang paling signifikan dalam mempengaruhi kepuasan kerja adalah hubungan dengan atasan dan faktor yang paling signifikan dalam mempengaruhi motivasi adalah tanggung jawab. Hasil analisis ini menunjukkan kepuasan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi pekerja staf pekerja lapangan pada perusahaan kontraktor yang ada di Surabaya.

Keywords


kepuasan kerja, motivasi

Full Text:

PDF

References


Arditi, D. & Mochtar, K. (1996). “Productivity Improvement in the Indonesian Construction Industry.” Construction Management and Economics. Vol. 14, No. 1, 13-24.

Bowen et al , (2008). “Job satisfaction of South African Quantity Suveyors”. Construction Management and Economics. Vol. 26, No. 7, 765-780.

Flippo, E.B. (1982). Personal Management, McGraw Hill Inc., London.

Herzberg, F. (1975). “Impact of Motivation on Worker’s Productivity in the Nigerian Construction Industry.” Construction Management. Vol. 1, No. 22, 239-248.

Hidayat , (2009). Teknik Analisa Data, Salemba Medika, Jakarta.

Robbins, S.P. (2013). Organizational Behavior, Pearson Education Inc., USA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :