PENGARUH PENAMBAHAN SERAT BAJA TERHADAP PENINGKATAN KUAT KOKOH TEKAN, KUAT TARIK BELAH DAN KUAT LENTUR MURNI PADA BEBERAPA MUTU STEEL FIBER REINFORCED CONCRETE

Eka Kristian Wibisono(1*), Chikita Manuelle Evangelica(2), Handoko Sugiharto(3), Gunawan Budi Wijaya(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Beton merupakan salah satu material konstruksi bangunan yang sudah sangat umum digunakan di Indonesia. Selain memiliki kuat tekan tinggi, beton juga merupaka material yang mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Namun beton bersifat getas dan memiliki kelemahan terhadap gaya tarik. Hal ini menyebabkan beton mudah mengalami retak. Steel Fiber Reinforced Concrete (SFRC) yang merupakan campuran beton dengan penambahan serat baja menjadi salah satu inovasi perkembangan teknologi untuk mengatasi kelemahan beton tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pengaruh penambahan serat baja terhadap kuat kokoh tekan, kuat tarik belah dan kuat lentur murni pada beberapa mutu SFRC. Kadar serat baja yang dipakai adalah 1% dan 1.5% menggunakan serat baja tipe 5D Dramix dengan aspek rasio 65, sedangkan mutu SFRC rencana adalah 23 MPa dan 27 MPa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa SFRC dengan kadar serat baja 1% mempunyai peningkatan kuat tekan tertinggi yaitu mencapai 20,33%, sedangkan peningkatan kuat tarik belah dan kuat lentur murni didapat dari SFRC dengan kadar serat baja 1,5% yaitu sebesar 161,45% dan 47,49%.

Keywords


steel fiber reinforced concrete, serat baja dramix 5D, kuat tekan, kuat tarik belah, kuat lentur murni

Full Text:

PDF

References


ACI 544.3R-93 (1993). Guide for Specifying , Proportioning, Mixing, Placing,and Finishing Steel Fiber Reinforced Concrete.American Concrete Institute, Detroit, United States of America.

, P. and Ramakrishnan, V. (1988). “Properties of Fiber Reinforced Concrete : Workability,

Behavior under Long-term Loading, and Air-Void Characteristics”. ACI Materials Journal.

Vol. 85, No. 3. 189-196.

Cuenca, E. (2015). On Shear Behaviour of Structural Elements Made of Steel Fiber Reinforced Concrete. Springer, Singapore.

Jaiskarun, K. and Unnikhrisnan. S. (2017). “Experimental and Analytical Investigation on Steel Fiber Reinforced Concrete.” International Journal of Earth Sciences and Engineering. Vol. 10, No. 1, 17-24.

Singh, H. (2017). Steel Fiber Reinforced Concrete : Behavior, Modelling and Design. Springer, Singapore


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :