ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN PREFERENSI TERHADAP PROGRAM BERKENDARA BERSAMA KE KAMPUS

David Kevin Nafarin(1*), Silvester - Alfredo(2), Rudy - Setiawan(3), Doddy - Prayogo(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra Surabaya
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu masalah transportasi di daerah kampus adalah meningkatnya penggunaan mobil sehingga membuat daerah tersebut padat terutama civitas academica yang berkendara sendirian menggunakan mobil. Tujuan dari penilitan ini adalah mendapatkan preferensi yang dianggap prioritas oleh civitas academica untuk berkendara bersama. Beberapa faktor umum yang membuat seorang mahasiswa memilih berkendara sendirian adalah privasi dan waktu perjalanan, namun ada faktor lain yang memengaruhi perilaku mahasiswa untuk berkendara bersama seperti keamanan, kemudahan, intangible, dan lebih hemat biaya. Responden penelitian ini sebanyak 320 civitas academica yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan Universitas Kristen Petra Surabaya. Dalam penilitian ini digunakan metode clustering dan analytical hierarchy process untuk menentukan karakteristik civitas academica seperti apa yang berminat untuk beralih menuju berkendara bersama serta faktor apa saja yang mendukung terealisasikannya program tersebut. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa salah satu faktor yang paling mempengaruhi perilaku mahasiswa dan tenaga kependidikan dalam berkendara bersama mengendarai mobil ke kampus adalah keamanan.

Keywords


ridesharing, clustering, pengambilan keputusan/preferensi

Full Text:

PDF

References


Cheng, M., & Prayogo, D. (2016). Optimizing Biodiesel Production from Rice Bran Using Artificial Intelligence Approaches. Department of Construction Engineering, National Taiwan University of Science and Technology.

Cheng, M., Prayogo, D., & Wu, Y. (2014). Novel Genetic Algorithm-Based Evolutionary Support Vector Machine for Optimizing High-Performance Concrete Mixture. Journal of Computing in Civil Engineering ASCE, ISSN 0887-3801/06014003(7), 1–7. https://doi.org/10.1061/(ASCE)CP.1943-5487.0000347.

Mcglynn, J. (2017). Who Will You Share a Ride With : Factors that Influence Trust of Potential Rideshare Partners. UrbComp’17, August 14,2017, Halifax, Nova Scotia, Canada.

Rogers, O. (n.d.). "SW388R7 Data Analysis & Computers II Slide 1 Detecting Outliers". Detecting Outlier.Retrieved from (18 January 2018).

Setiawan, R. (2006). Automobile Dependency. International Civil Engineering Conference “Towards Sustainable Civil Engineering Practice,” 139–146.

Setiawan, R., Soebagio, F. D., & Iskak, M. G. (2009). Pemetaan Zona dan Rute Potensial untuk Penerapan. Jurnal Transportasi, Vol. 9(No. 2), 159–168


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :