STUDI PENERAPAN MANAJEMEN RANTAI PASOK PENGADAAN MATERIAL PROYEK KONSTRUKSI

Steven Steven(1*), Richard Ch Ali(2), Ratna Setiawardani Alifen(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengadaan material dalam sebuah proyek konstruksi merupakan hal yang rumit. Bermacam-macam jenis material dari berbagai sumber yang harus dikelola dengan baik. Salah satu cara pengelolaannya adalah dengan menggunakan manajemen rantai pasok (supply chain management). Konsep manajemen rantai pasok awalnya diterapkan di dunia industri manufaktur untuk menjaga kelancaran aliran informasi, dana, dan barang yang terjadi diantara banyak pihak. Konsep ini pun mulai diterapkan di dunia konstruksi untuk alasan yang sama. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen rantai pasok pada proyek konstruksi dari sisi kontraktor beserta tantangan yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada kontraktor-kontraktor di Surabaya. Dari penelitian ini didapat bahwa kontraktor sudah menerapkan manajemen rantai pasok walaupun belum seluruhnya.

Keywords


manajemen rantai pasok, pengadaan material, kontraktor, proyek konstruksi, penerapan

Full Text:

PDF

References


Cooper, M. C., & Elram, L. M. (1993). "Charasteristic of Supply Chain Management and the Implications for Purchasing and Logistic Strategy". The International Journal of Logistic Management . Vol. 4, 13-24.

Pujawan, I. N., & ER, M. (2010). Supply Chain Management (Vol. 2), Guna Widya, Surabaya.

Roscoe, J. T. (1975). Fundamental Research Statistics for the Behavioural Sciences, Holt Rinehart & Winston, New York

Vrijhoef, R., & Koskela, L. (2000). "The Four Roles of Supply Chain Management in Construction". European Journal of Purchasing & Supply Management. Vol. 6 , 169-178.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :