STUDI KASUS PENERAPAN METODE COLLAPSED AS-BUILT TERHADAP SEBUAH BANGUNAN PERKULIAHAN DI SURABAYA

Sogen Nishimura(1*), Mahaputra Yauri(2), Paulus Nugraha(3), Sandra Loekita(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Keterlambatan yang terjadi pada suatu proyek umumnya tidak dapat dihindari. Hal inipun dapat berdampak bagi jalannya aktifitas proyek yang dapat mengakibatkan bertambahnya durasi proyek serta terjadinya pembengkakan pada biaya proyek. Metode collapsed as-built ini merupakan metode yang berfokus pada keterlambatan satu pihak saja. Metode ini simpel, di mana metode ini mencari keterlambatan pada jadwal aktual yang terjadi kemudian dihapuskan. Kemudian hasilnya dibandingkan dengan jadwal aktual dan menilai apakah pihak tersebut perlu memberikan kompensasi atau tidak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah metode ini dapat diterapkan pada suatu bangunan perkuliahan yang dibangun di kota Surabaya dan hal – hal apa saja yang menjadi kendala dalam melakukan penerapan metode ini. Berdasarkan studi kasus dan analisa yang telah dilakukan, diketahui dalam proyek bangunan perkuliahan di kota Surabaya yang dijadikan sebagai objek penelitian bahwa metode collapsed as-built ini dapat diterapkan, namun dalam penerapan metode ini terdapat kendala yang dialami berupa kurangnya data – data yang rinci sehingga mengalami kesulitan dalam menganalisa keterlambatan yang terjadi di proyek bangunan perkuliahan di kota Surabaya ini

Keywords


keterlambatan proyek, analisa keterlambatan, collapsed as-built, studi kasus

Full Text:

PDF

References


Alkass, S., Mazerolle, M., and Harris, F. (1996). “Construction Delay Analysis Techniques.” Journal of Construction Management and Economics. Vol. 14, 375–394.

Arditi, D., and Pattanakitchamroon, T. (2006). “Selecting a Delay Analysis Method in Resolving Construction Claims”, International Journal of Project Management, 24, 145-155.

Dayi, S. (2010). “Schedule Delay Analysis in Construction Projects: A Case Study Using Time Impact Analysis Method”, The Degree of Master of Science in Building Science Middle East Techinical University, Turkey.

Doyle, J. (2005). “Concurrent Delays in Contracts”. Doyles

Farrow, T. (2007). “Developments in the Analysis of Extensions of Time”, Journal of Professional Issues in Engineering Education and Practice, 133(3), 218-228.

Lee, H.-S., Ryu, H.-G., Yu, J.-H., and Kim, J.-J. (2005b). “Method for Calculating Schedule Delay Considering Lost Productivity”, Journal of Construction Engineering and Management, 131(11), 1147-1154.

Mbabazi, A., Hegazy, T., and Saccomanno, F. (2005). “Modified But-for Method for Delay Analysis”, Journal of Construction Engineering and Management, 131(10), 1142-1144. doi: 10.1061/(ASCE)0733-9364(2005)131:10(1142)

Ndekugri, I., Braimah, N., and Gameson, R. (2008). “Delay Analysis within Construction Contracting Organizations”, Journal of Construction Engineering and Management, 134(9), 692-700.

Tieder, J. B. (2008). “Methods of Delay Analysis and How They Are Viewed by the United States Legal System”, Society of Construction Law, Proceedings of International Construction Law Conference, London, England.

Trauner, T.J., Manginelli, W.A., Lowe, J.S., Nagata, M. F., and Furniss, B. J. (2009). “Construction Delays: Understanding Them Clearly, Analyzing Them Correctly”, Elsevier Inc, USA

Zack, J. G. (2000). “Pacing Delays – The Practical Effect”, Cost Engineering, 42(7), 23 – 28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :