PENGARUH SEMEN DAN CUACA TERHADAP KEMAMPUAN KEDAP AIR TANAH EKSPANSIF TERCAMPUR NANOMATERIAL

Ricky Gunawan Halim(1*), Handy Gunawan(2), Gogot Setyo Budi(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya,
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh cuaca terhadap kemampuan kedap air tanah ekspansif tercampur Nanomaterial di surabaya barat dan pengaruh semen terhadap durabilitas tanah ekspansif tercampur Nanomaterial. Nanomaterial terrasil dan zycobond memberi sifat kedap air terhadap tanah. Sampel dibentuk dengan menggunakan tabung berisikan tanah ekspansif (undisturbed) dan pada permukaan yang dilapisi dengan tanah ekspansif tercampur Nanomaterial dengan dan tanpa semen. Ketebalan tanah yang tercampur Nanomaterial masing masing 2 cm dan 4 cm. Sampel diberikan efek cuaca dengan di biarkan di luar ruangan selama 6 hari. Lalu, sampel di genangi air untuk melihat kekedapan air tanah ekspansif tercampur Nanomaterial dengan cara mengukur kadar air tanah ekspansif yang tidak tercampur Nanomaterial. Hasil penelitian menunjukan tanah ekspansif tercampur Nanomaterial saja tidak dapat bertahan terhadap perubahan cuaca. Namun, penambahan semen dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap efek perubahan cuaca

Keywords


tanah ekspansif, nanomaterial, durabilitas

Full Text:

PDF

References


Arora, K., & Jain, P.K. (n.d.) Studies On Use of Nano-Materials and Cement for Improvement of Soil in Rural Roads Construction. Personal Communication, January 14, 2017

Budi, G. S., Cristanto, A., &Setiawan, E. (2004). Pengaruh Fly Ash terhadap Sifat Pengembangan Tanah Ekspansif. Civil Engineering Dimension, 5(1), pp-20.

Hardiyati, S. (2003). Studi Potensi Mengembang Dan Kekuatan Tanah Lempung Ekspansif Dengan dan Tanpa Kapur Akibat Siklus Berulang Basah-Kering. (Doctoral dissertation, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro)

Olive, W. W., Chleborad, A. F., Frahme, C. W., Schlocker, J., Schneider, R. R., & Schuster, R. L. (1989). Swelling Clays Map of the Conterminous United States (No. 1940)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :