PENGARUH KARAKTERISTIK AGREGAT TERHADAP CAMPURAN ASPAL EMULSI DINGIN

Lie Dick Saputra(1*), Robby Saputra Pangloli(2), Paravita Sri Wulandari(3), Harry Patmajadja(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh karakteritik agregat terhadap Campuran Aspal Emulsi Dingin (CAED). CAED yang digunakan dalam penelitian ini adalah campuran antara agregat bergradasi terbuka dan aspal emulsi sebagai bahan pengikat. Aspal emulsi adalah aspal berbentuk cair yang dihasilkan dengan mendispersikan aspal keras ke dalam air atau sebaliknya dengan bantuan bahan pengemulsi sehingga diperoleh partikel aspal yang bermuatan listrik positif atau negatif atau tidak bermuatan listrik. Pengujian Marshall dilakukan pada CAED dengan menggunakan agregat berasal dari Pandaan, Mojokerto, Banyuwangi, Palu dan Labuan Bajo untuk mendapatkan nilai stabilitas. Dari hasil pengujian ini didapatkan nilai KARO untuk agregat dari Pandaan, Banyuwangi, Mojokerto, Palu, dan Labuan Bajo berturut-turut adalah 7%, 6,5%, 8%, 8%, dan 6,5%. Pengujian karakteristik agregat meliputi abrasi agregat, kepipihan agregat, dan berat jenis agregat .Hasil penelitian menunjukkan abrasi agregat adalah parameter yang paling mempengaruhi stabilitas CAED

Keywords


karakteritik agregat, campuran aspal emulsi dingin, pengujian marshall, stabilitas

Full Text:

PDF

References


Ariawan, I.M.A., Widhiawati, I.A.R. (2010, Juli). Pengaruh Gradasi Agregat Terhadap Karakteristik Campuran Laston. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil. Volume 14 Nomor 2.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2010). Spesifikasi Umum Edisi 2010 (Revisi 3). Kementerian Pekerjaan Umum. Direktorat Jenderal Bina Marga.

Hardiyatmo,H.C. (2011). Perancangan Perkerasan Jalan & Penyelidikan Tanah. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Muliawan, I.W. (2011). Analisis Karakteristik dan Peningkatan Stabilitas Campuran Aspal Emulsi Dingin (CAED). Tesis Program Pascasarjana Universitas Udayana, Bali.

Padmadjaja, H. (2011). TS 4457 Rekayasa Perkerasan Jalan, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Sukirman, S. (1999). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :