CONDITION ASSESMENT PADA JEMBATAN WONOKROMO

Kiki Tamara(1*), Andre Kurniawan(2), Handoko Sugiharto(3), Gunawan Budi Wijaya(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dari Jembatan Wonokromo, Surabaya. Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya peranan jembatan sebagai media transportasi bagi masyarakat Indonesia khususnya Surabaya. Dalam penelitian kali ini, penulis berkoordinasi dengan pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN). Penulis berdiskusi dengan BBPJN untuk penentuan perijinan pelaksanaan Condition Assessment, jadwal pelaksaan, dokumen sejarah, fasilitas dan test yang akan dilakukan. Untuk test, penulis melakukan beberapa Non Destructive Test yaitu visual inspection, condition mapping, sounding impact, rebound hammer, dan Ultrasonic Pulse Velocity. Hasil dari Condition Assessment ini adalah bahwa terdapat banyak kerusakan pada jembatan Wonokromo, Surabaya yaitu retak, spalling, delaminasi dan effloressences. Dari hasil test, jembatan Wonokromo memiliki beton dengan tingkat keseragaman yang bagus, keras permukaan yang tergolong bagus, namu kerapatan beton masih tergolong kurang bagus

Keywords


visual inspection, condition mapping,non destructive test, sounding impact, rebound hammer,ultrasonic pulse velocity, jembatan.

Full Text:

PDF

References


American Concrete Institute Committee 364. (2007). Guide for Evaluation of Concrete Structures Before Rehabilitation. USA : Author

ASTM C805 / C805M-13a,(2013). “Standard Test Method for Rebound Number of Hardened Concrete.” ASTM International, West Conshohocken, PA

ASTM C597-16,(2016). “Standard Test Method for Pulse Velocity Through Concrete”, ASTM International, West Conshohocken, PA

ASTM D4580 / D4580M-12, (2012). “Standard Practice for Measuring Delaminations in Concrete Bridge Decks by Sounding,” ASTM International, West Conshohocken, PA

Conde, B. et al., (2016). “Structural Analysis of Monforte de Lemos Masonry Arch Bridge Considering the Influence of the Geometry of the Arches and Fill Material on the Collapse Load Estimation.” Construction and Building Materials, 120, pp.630–642. Available at: http://dx.doi.org/10.1016/j.conbuildmat.2016.05.107.

Das, P.C., (1998). Application of Reliability Analysis in Bridge Management. , 20(11), pp.957–959.

Krakhmal, Ɍ Ⱥ, Evtushenko, S.I. & Krakhmal, M.P., (2016). “New System of Monitoring of a Condition of Cracks of Small Reinforced Concrete Bridge Constructions.” Procedia Engineering, 150, pp.2369–2374. Available at: http://dx.doi.org/10.1016/j.proeng.2016.07.322.

Carino, N., and Malhotra, V., (2004), Handbook on Non Destructive Testing of Concrete, 2nd Edition, CRC Press LLC, West Conshohocken, PA

Zhou, X. et al., (2016). “Accurate and Up-to-Date Evaluation of Extreme Load Effects for Bridge Assessment.” Materials and Infrastructures 1, (June), pp.175–184.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :