PENGARUH PONDASI TIANG PRECAST DENGAN PREBORING TERHADAP DAYA DUKUNG

Hadhyanto Tunggal(1*), Richard Nata Argodipuro(2), Gogot Setyo Budi(3),


(1) Mahasiswa Program StudiTeknikSipilUniversitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program StudiTeknikSipilUniversitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program StudiTeknikSipilUniversitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Instalasi pondasi tiang dengan metode driven atau hammer, jack in, dan metode bore merupakan cara yang umum dilakukan. Akan tetapi metode-metode tersebut memiliki beberapa kekurangan, seperti menimbulkan getaran, tekanan ke samping akibat beban dari berat alat, mutu beton yang tidak dapat diperiksa, dan lain-lain. Oleh karena itu, mulai dikembangkan metode instalasi pondasi tiang precast dengan preboring untuk mengurangi dampak negatif tersebut. Metode instalasi pondasi tiang precast dengan preboring ini dilakukan dengan membuat lubang bor terlebih dahulu pada titik rencana pondasi. Lubang bor diisi beton cair dengan volume tertentu, setelah itu dimasukkan tiang precast dengan diameter yang lebih kecil daripada diameter lubang bor. Pada penelitian ini dipresentasikan pengaruh preboring terhadap daya dukung tiang precast dan hasilnya dibandingkan dengan daya dukung pondasi tiang jack in dan tiang bor. Penentuan daya dukung pondasi tiang tersebut digunakan metode static load test. Berdasarkan perbandingan daya dukung tersebut, didapatkan bahwa metode instalasi pondasi tiang precast dengan preboring menghasilkan daya dukung yang lebih besar daripada metode jack in dan metode bore. Dengan demikian, metode instalasi pondasi tiang precast dengan preboring ini dapat menjadi solusi untuk menjawab kekurangan pada metode instalasi pondasi tiang yang lain.

Keywords


daya dukung pondasi tiang , tiang precast, preboring, tiang jack in, tiang bor, static load test

Full Text:

PDF

References


Aoki, N. & Velloso, D.A. (1975). An Approximate Method to Estimate The Bearing Capacity of Piles, University of Sao Paulo, Sao Paulo.

Bowles, J. E. (1993). Analisa dan Desain Pondasi, Edisi keempat Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Fellenius, B.H. (2006). Basics of Foundation Design. Electronic Edition. www.Fellenius.net, 275 p.

Gunawan, S. (2014). “Korelasi Nilai CPT dan SPT pada Lokasi Ring Road Utara Yogyakarta.” Repositori Universitas Atma Jaya Yogyakarta, http://e-journal.uajy.ac.id (April 29, 2017)

Hardiyatmo, H.C. (2002). Teknik Pondasi 2, Edisi kedua, Beta Offset, Yogyakarta.

Schmertmann, J. F. (1978). Guidelines for Cone Penetration Test (Performance and Design), U.S. Department of Transportation Federal Hight way Administration, Washington, D.C.

Schnaid, F. (2009). In Situ Testing in Geomechanics: The Main Test, Taylor & Francis, New York.

Titi, H.H. & Abu-Farsakh, M.Y. (1999). Evaluation of Bearing Capacity of Piles from Cone Penetration Test Data., Louisiana Department of Transportation and Development Louisiana Transportation Research Center, Louisiana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :