STUDI KASUS PENERAPAN SCHEDULE ASSESSMENT PADA PENJADWALAN PROYEK SALAH SATU GEDUNG BERTINGKAT DI SURABAYA

Donny Untung(1*), Stephanie Jessica Santoso(2), Paulus Nugraha(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Schedule assessment adalah melakukan sebuah evaluasi kualitas jadwal terhadap jadwal rencana yang telah dibuat hingga seluruh poin dapat terpenuhi sampai proyek selesai. Schedule assessment digunakan sebagai cara untuk mengidentifikasi kekurangan jadwal dan untuk memusatkan perhatian di bidang masalah yang ada pada penjadwalan sebuah proyek. Salah satu cara melakukan analisa menggunakan schedule assessment yaitu The Defense Contract Management Agency (DCMA) dan The U.S. Government Accountability Office (GAO). GAO dan DCMA memiliki tujuan yaitu membantu kontraktor dan project manager dapat membuat jadwal proyek tepat pada perkiraan waktu pekerjaan. Penelitian menggunakan data penjadwalan dari sebuah proyek gedung bertingkat yang belum selesai di Surabaya. Berdasarkan hasil analisa, diidentifikasi poin masalah yang dialami dalam jadwal rencana sebuah proyek. Sebanyak 4 dari 14 poin DCMA terpenuhi dan 6 dari 10 poin GAO terpenuhi

Keywords


schedule assessment, penjadwalan, waktu, DCMA, GAO

Full Text:

PDF

References


Bogle, B. (2016). “DCMA 14-Point Assessment for Project Schedule Health.” Edwards Performance Solutions, 1-4.

Deltek. (2016). “Create The Soundest Schedules Possible and Execute Them with Consistent Success.” Deltek Acumen Fuse, 1-4. Makar, A. (2014). “Project Schedule Quality 101: 14 Ways to Improve Your Project Schedule.” Project Schedule. Retrieved February 9, 2017, from http://www.tacticalprojectmanagement.com/project-schedule-quality-101/ Persons, T.M. (2015). Schedule Assessment Guide: Best Practices for Project Schedules. GAO-16-89G. Washington, D.C.

Proboyo, B. (1999). “Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek: Klasifikasi dan Peringkat dari Penyebab-Penyebabnya.” Dimensi Teknik Sipil. Vol. 1, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :