PENGARUH TINGKAT KEPUASAN HIDUP, MEDIA SOSIAL, HARGA DIRI, DAN MATERIALISME TERHADAP PERILAKU MAHASISWA BERKENDARA SENDIRIAN MENGGUNAKAN MOBIL KE KAMPUS

Andrian Kosasih(1*), Bemby Reksura(2), Rudy Setiawan(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu masalah transportasi di daerah kampus adalah meningkatnya penggunaan mobil sehingga membuat daerah tersebut padat terutama mahasiswa yang berkendara sendirian. Beberapa faktor umum yang membuat seorang mahasiswa memilih berkendara sendirian adalah fleksibilitas, kecepatan, kenyamanan dan lain-lain. Diteliti juga faktor psikologis lain yang memengaruhi perilaku tersebut seperti kepuasan hidup, paparan dari media sosial, harga diri, dan materialisme. Responden penelitian ini sebanyak 477 yang terdiri dari mahasiswa yang berasal dari 7 kampus negeri dan swasta di Surabaya. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa faktor yang paling memengaruhi perilaku mahasiswa berkendara sendirian menggunakan mobil ke kampus adalah materialisme

Keywords


kepuasan hidup, media sosial, harga diri, materialisme, berkendara sendiri

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (1985). “From Intentions to Actions: A Theory of Planned Behavior.” Action Control: From Cognition to Behavior, 11–39. https://doi.org/10.1007/978-3-642-69746-3_2

Burroughs, J. E., & Rindfleisch, A. (2002). “Materialism and Well-Being: A Conflicting Values Perspective.” Journal of Consumer Research, 29(3), 348–370. https://doi.org/10.1086/344429

Christopher, A. N. (2004). “Materialism and Affect : The Role of Self-Presentational Concerns.” Journal of Social and Clinical Psychology, 23(2), 260–272.

Cimini, K. L. (n.d.). The Effect of Self-Esteem on Attitude-Behavior Consistency. Lycoming College.

Jiang, J., Zhang, Y., Ke, Y., Hawk, S. T., & Qiu, H. (2015). “Can’t Buy Me Friendship? Peer Rejection and Adolescent Materialism: Implicit Self-Esteem as a Mediator.” Journal of Experimental Social Psychology, 58, 48–55. https://doi.org/10.1016/j.jesp.2015.01.001

Lestarini, W. (2007). Pengaruh Status Sosial Ekonomi terhadap Pemilihan Moda Transportasi untuk Perjalanan Kerja. Universitas Dipenogoro, Semarang.

Sarwono, J. (2006). “Mengenal Apa Itu Analisis Korelasi.” Korelasi (Juni 20, 2017)

Setiawan, R. (2012). “Keyakinan-Keyakinan Utama Mahasiswa Pengguna Mobil Ke Kampus.” Jurnal Transportasi, 12(2), 1–10.

Sirgy, M. J., Gurel-Atay, E., Webb, D., Cicic, M., Husic, M., Ekici, A., … Johar, J. S. (2012). "Linking Advertising, Materialism, and Life Satisfaction." Social Indicators Research, 107(1), 79–101. https://doi.org/10.1007/s11205-011-9829-2

Soo Jiuan Tan, & Chia, L. (2007). “Are We Measuring the Same Attitude? Understanding Media Effects on Attitude towards Advertising.” Marketing Theory, 7(4), 353–377. https://doi.org/10.1177/1470593107083162

Steg, L. (2003). "Can Public Transport Compete With the Private Car?" IATSS Research, 27(2), 27–35. https://doi.org/10.1016/S0386-1112(14)60141-2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :