MONITORING JADWAL SUATU PROYEK SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPI DAN PPC

Vincent Sukiman(1*), Yohanes Yan(2), Andi Andi(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam pelaksanaan suatu proyek konstruksi, jadwal pelaksanaan proyek konstruksi merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam pengendalian proyek demi tercapainya waktu pelaksanaan yang direncanakan akan tetapi ada pekerjaan di proyek kosntruksi yang tidak dapat selesai sesuai dengan jadwal rencana. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan monitoring jadwal proyek menggunakan metode SPI dan PPC. Studi kasus dilakukan pada proyek sekolah 5 lantai, untuk masing - masing area TK dan SD - SMP. Monitoring yang dilakukan hanya untuk pekerjaan struktur selama 14 minggu dari durasi rencana pekerjaan struktur sekitar 1 tahun lebih 2 bulan, setelah monitoring dilakukan selama 14 minggu didapatkan bahwa jadwal proyek tersebut mengalami keterlambatan dan memiliki hasil nilai SPI sebesar 79,214% dan hasil nilai PPC 52,117%. Keterlambatan tersebut disebabkan oleh faktor yang paling dominan selama 14 minggu pengamatan yaitu faktor material terutama pada area TK. Faktor ini muncul karena pekerjaan yang akan dilakukan tidak mendapat suplai material yang dibutuhkan

Keywords


PPC, SPI, faktor.

Full Text:

PDF

References


Hamilton, Albert (1997). Management by Project. Thomas Telford Services Ltd, London.

Kaming P.F. et al., (1997). Factors Influencing Construction Time and Cost Overruns On High Rise Project in Indonesia, Construction Management and Economics, 15(2), 11-13.

Moungnoi W. dan Charoenngam C. (2001). Operational Factors Influencing Highrise Building Construction Delay in Thailand. Proceeding of Third International Conference on Construction Project Management, Singapore.

Olomolaiye, P.O., Wajan, L.A., amd Price, A.D.F, (1987). Problem Influencing Craftmen’s Productivity in Nigeria, Building and Environment 2(2), 5-7.

Soemardi, Biemo W. (2007). Konsep Earned Value untuk Pengelolaan Proyek Konstruksi. Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Stretton A. dan Stevens G. (1990). PREDICTE: An Expert System for Estimating Indicative Construction Times for Multi Storey Buildings at the concept stages, Proceedings of the CIB 90 International Symposium on Building Economics and Construction Management, Sydney, March, 2(2), 8-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :