OPTIMASI KINERJA PERSIMPANGAN PADA KAWASAN NGINDEN DAN NGAGEL JAYA
Yosephine Maria Angelia
(1*), Claudya Adeline Yonatan
(2), Rudy Setiawan
(3),
(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemacetan yang terjadi pada empat persimpangan pada kawasan Nginden dan Ngagel Jaya. Data hasil survei asal-tujuan diolah dengan metode sebaran pergerakan, yang selanjutnya digunakan untuk perhitungan kinerja persimpangan dengan menggunakan software Kapasitas Jalan Indonesia (KAJI). Selanjutnya dilakukan analisis terhadap alternatif pengaturan persimpangan, dengan perubahan yang meliputi penentuan waktu sinyal, pengaturan lajur lalulintas, batasan parkir pada area persimpangan, bahkan alternatif lain dengan merubah persimpangan tersebut menjadi bagian jalinan tunggal (u-turn). Hasil analisis menunjukkan bahwa, jika alternatif pengaturan persimpangan diterapkan dapat menurunkan nilai derajat kejenuhan dibandingkan kondisi saat ini. Besarnya persentase penurunan nilai derajat kejenuhan yang terjadi minimal adalah 8%.
Keywords
Persimpangan bersinyal, bagian jalinan tunggal, derajat kejenuhan
References
Google Maps. (2016). (January 11, 2016).
Hariyanto, J. (2004). Perencanaan Persimpangan Tidak Sebidang Pada Jalan Raya, KMTS FT USU, Medan.
Manual Kapasitas Jalan Indonesia. (1997). Jakarta.
Morlok, E.K. (1988). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Erlangga, Jakarta.
Patmadjaja H., Setiawan R., Urbanus J., Tjahjaputra. P. (2003). “Pengaruh Kegiatan Perparkiran di
Badan Jalan terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Jalan Kertajaya).” Civil Engineering
Dimension. Vol. 5, No. 2, 63-74.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks oleh :