MODEL PEMILIHAN MODA ANTARA KENDARAAN PRIBADI DAN BUS KAMPUS

Ronny Esha(1*), Reza Aipassa(2), Rudy Setiawan(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Peningkatan mahasiswa yang menggunakan kendaraan pribadi dipengaruhi oleh kurangnya ketersediaan angkutan umum dan perbaikan fasilitas parkir kendaraan pribadi oleh kampus. Upaya mengurangi dampak peningkatan kendaraan priadi akibat aktivitas mahasiswa adalah dengan mengoperasikan Bus Kampus. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yakni : (1) Mengetahui implementasi rute Bus Kampus yang paling potensial untuk diterapkan; (2) Mengetahui tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan fasilitas parkir di kampus; (3) Mengetahui harapan pada fasilitas layanan Bus Kampus; dan (4) Mengetahui seberapa besar pengaruh besaran tarif parkir dan atau waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan petak parkir, terhadap kesediaan mahasiswa beralih menggunakan bus kampus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang dilakukan di beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Kota Surabaya, dengan total reponden 250 orang. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan survei yang telah dilakukan dapat diketahui terdapat 2 rute yang dianggap paling potensial dari 5 rute yakni Surabaya Selatan dan Surabaya Timur. Berdasarkan IPA diketahui ketersedian lahan parkir dan kemudahan mencari petak parkir, merupakan hal yang dianggap penting namun belum mencapai kepuasan yang diharapkan. Kebersihan Bus Kampus merupakan hal penting yang menjadi harapan mahasiswa untuk direalisasikan. Kesedian mahasiswa untuk beralih menggunakan Bus Kampus lebih sensitif akibat perubahan tarif parkir dibandingkan waktu mencari petak parkir.

Keywords


bus kampus, importance and performace analysis, pemilihan moda

Full Text:

PDF

References


Erwin S. (2009). "Analisa Pemilihan Moda Transportasi Bus Angkutan Kota dan Kereta Api Rute Medan Tanjung Balai terhadap Kenaikan BBM “ (Skripsi). Universitas Sumatra Utara, Medan

Ismi (2014). Rumah Jamur di Atas Kota Sebagai Solusi Lahan Pemukiman Penduduk yang Minim Dengan Monorel Untuk Mengatasi Kepadatan Lalu Lintas dan Pemanfaatan Energi Surya Dengan Konsep Go-Green di Kota Surabaya (Tugas Akhir). Institut Teknologi 10 November, Surabaya:

Martinez (2003), Metode IPA (Importance Performance Analysis), (Februari 15, 2016)

Silvianita (2010). Pengaruh Keberadaan Pendidikan Tiggi di Kota Surabaya terhadap Kawasan Sekitarnya (Tesis). Institut Teknologi 10 November, Surabaya:

The Centre of Suistanable Transportation Canada (2002), Sustainable Transportation, (Februari 12, 2016)

Basuki, Tri J. (2007).” Exploring Public Perception of Paratransit Service Using Binomial Logistic Regression”. Civil Engineering Dimension. Volume. 9, No. 1, 1-8.

Victoria Transport Policy Institute (VTPI) (2012), Campus Transport Management : Trip Reduction Programs on College, University and Research Campuses, (Februari 12, 2016)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :