APLIKASI PERHITUNGAN ALINYEMEN HORISONTAL DAN ALINYEMEN VERTIKAL

Michael Antonie Prayogo(1*), Rudy Setiawan(2),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Beberapa kendala dalam perhitungan geometri jalan muncul saat melakukan perhitungan secara manual untuk mendapatkan kondisi geometri jalan yang diinginkan dari berbagai parameter. Salah satunya adalah kurang efisiennya waktu yang dibutuhkan dalam perhitungan. Parameter untuk alinyemen horisontal adalah radius (R) tikungan, kecepatan rencana (Vr), dan jenis tikungan, sedangkan untuk alinyemen vertikal terdapat parameter clearance atau ketinggian bebas diatas lengkung vertikal agar kendaaran bisa melewati lengkung tersebut.Dari semua parameter - parameter ini wakut yang dibutuhkan kurang efisien untuk bisa mendapatkan kondisi geometri jalan yang baik, aman dan sesuai dengan permintaan. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam perhitungan dengan menggunakan aplikasi Graphic User Interface pada program Matrix Laboratory (MATLAB) untuk mempermudah mendapatkan R,Vr dan jenis tikungan untuk alinyemen horisontal serta clearance untuk alinyemen vertikal berdasarkan RSNI T – 14 - 2004. Setelah dilakukan perbandingan antara perhitungan dari RSNI T – 14 2004 dengan aplikasi dari MATLAB tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

Keywords


alinyemen horisontal, alinyemen vertikal,MATLAB, RSNI T – 14 - 2004

Full Text:

PDF

References


Mannering, F., Kilareski,W., (1999). “Principles of Highway Engineering and Traffic Analysis” Florida.

Patmadjaja, H. (1999). “Mencari Penyebab Kecelakaan di Jalan Tol Surabaya – Gempol dengan Analisa Frekuensi dan Crosstabulation.” Civil Engineering Dimension, Journal of Civil Engineering Science and Application,< http://ced.petra.ac.id > (September,1999)

Setiawan, R., Tedjokusuma, S., Hariyono & Sanjaya, Y. (2005). “Pemograman Perhitungan Alinyemen Horisontal Berdasarkan Standard Specification for Geometric Design f Urban Roads 1992”. Proceeding Seminar Nasional Rekayasa Perencanaan V. UPN Veteran Jawa Timur, Surabaya.

Standar Nasional Indonesia. (2004). Geometri Jalan Perkotaan (RSNI T – 14-2004). Badan Standarisasi Nasional.

Sugiharto, A. (2006). Pemograman GUI dengan MATLAB.Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :