PEMILIHAN LEVEL KINERJA STRUKTUR PADA BANGUNAN SISTEM RANGKA PEMIKUL MOMEN YANG DIRENCANAKAN SECARA DIRECT DISPLACEMENT-BASED DESIGN STUDI KASUS : BANGUNAN BERATURAN DENGAN BENTANG TIDAK SERAGAM

Larissa Stefanie Paramosa(1*), Evelin Larisa Sandy(2), Ima Muljati(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Sesuai dengan konsep Performance Based Design, Direct Displacement-Based Design (DDBD) memberikan opsi bagi perencana untuk memilih level kinerja struktur yang dikehendaki. Penelitian ini mengeksplorasi ketiga opsi desain yang dapat dipilih dalam DDBD, yaitu Level 1-No Damage, Level 2-Repairable Damage, dan Level 3-No Collapse pada tiga level gempa yang berbeda sesuai DDBD Model Code. Bangunan perkantoran dari struktur beton bertulang dengan bentang tidak seragam diambil sebagai studi kasus. Struktur direncanakan sebagai sistem rangka pemikul momen pada daerah beresiko gempa rendah dan tinggi di Indonesia. Dari ketiga level desain yang dilakukan, ternyata desain Level 2 dipandang sebagai opsi terbaik ditinjau dari kriteria efisiensi dan level kerusakan yang masih dapat ditoleransi. Hasil desain tersebut diuji kinerjanya menggunakan analisis dinamis riwayat waktu nonlinier. Untuk parameter drift, bangunan menunjukkan kinerja yang memuaskan untuk semua level gempa. Namun pada level gempa kecil dan sedang, terjadi pelelehan kolom pada lokasi yang tidak semestinya sehingga beam side sway mechanism tidak terjadi dengan sempurna. Meskipun demikian, upaya capacity design mampu menjamin terjadinya kondisi strong column weak beam.

Keywords


direct displacement-based design, performance based design, sistem rangka pemikul momen, analisis dinamis riwayat waktu nonlinier.

Full Text:

PDF

References


Asisi, F. dan Willyanto, K. (2014). Perbandingan Kinerja Bangunan yang Didesain Dengan Force-Based Design dan Direct Displacement-Based Design menggunakan SNI gempa 2012. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Computers and Structures, Inc. (2015). ETABS 2015 – Integrated Building Design Software (Version 15.1.0) [Computer Software], California.

Hendratha, A. dan Adi, T. (2014). Pengaruh Dilatasi pada Bangunan dengan Ketidakberaturan Sudut Dalam yang Didesain secara Direct Displacement Based. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Juandinata, R. dan Pranata, Y. (2014). Pengaruh Dilatasi pada Bangunan dengan Ketidakberaturan Geometri Vertikal yang Didesain secara Direct Displacement Based. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Kusuma, A. dan Tabrani, F.H. (2014). Direct Displacement Based Design pada Sistem Rangka dengan Ketidakberaturan Pergeseran Melintang terhadap Bidang. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Luis, V. dan Glorie, S.M. (2013). Evaluasi Kinerja Metode Direct Displacement-Based Design Dan Force Based Design Pada Bangunan Vertical Setback 6 Lantai. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Muljati et.al. (2013). Evaluasi Metode FBD dan DDBD pada SRPM di Wilayah 2 dan 6 Peta Gempa Indonesia. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Paramosa, L.S. dan Sandy, E.L. (2016). Pemilihan Level Kinerja Struktur pada Bangunan Sistem Rangka Pemikul Momen yang Direncanakan Secara Direct Displacement-Based Design. Studi Kasus : Bangunan Beraturan dengan Bentang Tidak Seragam. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Priestley, M.J.N., Calvi, G.M. dan Kowalsky, M.J. (2007). Displacement-Based Seismic Design of Structure, IUSS Press, Pavia, Italy.

Sullivan, T.J., Priestley, M.J.N., Calvi, G.M. (2012). A Model Code for Displacement-Based Seismic Design of Structure, IUSS Press, Pavia, Italy.

Weliem, N. dan Widjaja, K. (2013). Evaluasi Kinerja Direct Displacement-Based Design dan Force Based Design pada Regular Frame 12 Lantai. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Wijaya, C. dan Wijaya, S.W. (2013). Evaluasi Kinerja Direct Displacement Based Design dan Force Based Design Bangunan Irregular Plan 6-Lantai. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :