SURVEI AWAL KESIAPAN KONTRAKTOR DI SURABAYA DALAM MENERAPKAN “TIME IMPACT ANALYSIS”

Ivan Suryawan W.(1*), Kurniawan Kurniawan(2), Paulus Nugraha(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Keterlambatan dalam pelaksanaan proyek adalah hal yang sering kali tidak terhindari oleh Kontraktor karena sifat proyek konstruksi yang dinamis. Time Impact Analysis adalah salah satu metode delay analysis yang mana merupakan suatu bentuk analisa keterlambatan yang digunakan pada proyek konstruksi, untuk menentukan durasi keterlambatan yang bukan tanggung jawab kontraktor. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan kontraktor di Surabaya dalam menerapkan Time Impact Analysis dan hal – hal yang menjadi kendala dalam menerapkannya. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk mendeskripsikan kesiapan kontraktor di Surabaya dalam menerapkan Time Impact Analysis. Survei dilakukan terhadap 24 proyek yang terdiri dari 9 perusahaan kontraktor. Berdasarkan hasil survei dengan total 67 responden, didapatkan hasil bahwa kontraktor di Surabaya belum siap untuk menerapkan Time Impact Analysis dikarenakan beberapa kendala, terutama kesulitan dalam penggunaan fragnet dan kesulitan memprediksi keterlambatan untuk analisa Time Impact Analysis secara Prospective.

Keywords


keterlambatan, kesiapan, time impact analysis, fragnet

Full Text:

PDF

References


Alkass, S., Mazerolle, M., and Harris, F. (1996). “Construction Delay Analysis Techniques.” Journal of Construction Management and Economics. Vol. 14, 375–394.

Arditi, D., Patel, B.K. (1989). “Impact Analysis of Owner-Directed Acceleration.” Journal of Construction Engineering and Management. Vol.115, 144-157.

Arditi, D., Pattanakitchamroon, T. (2008). “Analysis Methods in Time-Based Claims”. Journal of Construction Engineering and Management. Vol.134, 242-252.

Arditi, D., Pattanakitchamroon, T. (2006). “Selecting a Delay Analysis Method in Resolving Construction Claims.” Journal of Construction Engineering and Management. Vol. 24, 145-155.

Barba, E. (2005). “Prospective and Retrospective Time Impact Analysis.” Construction Briefings.

Calvey, T.T and Winter R.M. (2006). “Time Impact Analysis – As Applied in Construction.” AACE Int. Recommended Practice.

Dayi, S. (2010). “Schedule Delay Analysis in Construction Projects: A Case Study Using Time Impact Analysis Method.” Turkey: The Degree of Master of Science in Building Science Middle East Techinical University.

Kraiem, Z.K. and Dickmann, J.E. (1987). “Concurrent Delays in Construction Projects”. Journal of Construction Engineering and Management. Vol. 113, 591-602.

Livengood, J. C. (2007). “Restrospective TIA’s: Time to Lay The to Rest.” AACE Int Transactions.

Ndekugri, I., Braimah N., & Gameson R. (2008). “Delay Analysis within Construction Contracting Organizations.” Journal of Construction Engineering and Management. Vol. 134, 692.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17, Bumi Aksara, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :