APPROXIMATE COST ESTIMATE BERDASARKAN KANDUNGAN BESI DAN KEBUTUHAN BEKISTING PADA STRUKTUR BETON BERTULANG BANGUNAN TINGGI

Hendra Kwandoko(1*), Chaisen Nawir(2), Budiman Proboyo(3), Indriani Santoso(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembangunan bangunan tinggi yang begitu banyak pada saat ini menyebabkan persaingan di dunia konstruksi oleh para kontraktor. Kontraktor harus mampu memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan untuk pembangunan bangunan tinggi sehingga owner dapat menyesuaikan dengan dana yang dimiliki. Approximate cost estimate adalah suatu metode awal yang digunakan untuk menentukan perkiraan awal biaya dalam suatu proyek bangunan tanpa melihat gambar konstruksi maupun harga satuan dan kuantitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan approximate cost estimate dengan cara mengalikan kebutuhan bahan permeter persegi luas lantai atau kandungan besi dan bekisting permeter kubik beton pada struktur beton bertulang bangunan tinggi dengan harga satuan pekerjaan. Data yang digunakan adalah gambar detail konstruksi dan RAB. Dari hasil penelitian ketiga proyek, kebutuhan bahan permeter persegi struktur atas untuk beton sebesar 0.28 m3/m2, untuk besi sebesar 43.11 kg/m2 dan untuk bekisting sebesar 2.22 m2/m2. Hasil pengamatan tersebut jika dikalikan dengan harga satuan pekerjaan masing-masing bahan, maka diperoleh approximate cost estimate.

Keywords


approximate cost estimate, kebutuhan bahan beton, besi, bekisting permeter persegi, kandungan besi dan bekisting per m3 cor beton.

Full Text:

PDF

References


Hardie, Glenn M. (1987). Construction Estimating Techniques. Prentice-Hall, Inc. USA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :