FRIKSI ANTARA PERMUKAAN BETON SPUN PILE BAGIAN DALAM DENGAN BETON PENGISI

Fredrick Wahyu Christianto(1*), Rich Ferson(2), Gogot Setyo Budi(3), Hurijanto Koentjoro(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Spun pile adalah tiang pancang berbentuk bulat dan berongga pada bagian tengah. Metode pembuatan spun pile adalah memanfaatkan gaya sentrifugal untuk proses pemadatan beton, yaitu dengan cara diputar (spinning), sehingga ada kemungkinan akan menimbulkan kuat tekan yang tidak merata pada ketebalan dinding tiang. Selain itu, pada permukaan bagian dalam lubang spun pile,biasanya terdapat lapisan yang relatif lunak (slurry). Terdapatnya lapisan slurry tersebut kemungkinan akan mempengaruhi friksi dengan beton pengisi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari friksi antara beton bagian dalam spun pile dengan beton baru sebagai pengisi. Hasil penelitian pada permukaan beton spun pile bagian dalam dengan beton pengisi dengan lapisan slurry yang tipis menunjukkan bahwa semakin tinggi kandungan semen beton pengisi, friksi antara spun pile dan beton pengisi akan meningkat. Namun, pengaruh kandungan semen tersebut relatif tidak signifikan pada spun pile yang memiliki lapisan slurry yang tebal. Friksi terendah rata-rata antara beton spun pile bagian dalam dengan beton pengisi yang memiliki lapisan slurry dengan ketebalan sekitar 3 mm adalah 11,87 kg/cm2.

Keywords


spun pile, friksi, beton pengisi, kandungan semen

Full Text:

PDF

References


Julio, E.N.B.S., Branco, F.A.B, dan Silva, V.D. (2004). Concrete-to-Concrete Bond Strength. Influence of the Roughness of the Substrate Surface. Construction and Building Materials, 18, 675-681.

Momayez, A., et al. (2004).Bi-Surface Shear Test for Evaluating Bond between Existing and New Concrete.ACI Material Journal, Vol. 101, No. 2, March-April 2004, 99-106.

Shin, H.C., dan Wan, Z. (2010). Interfacial Shear Bond Strength Between Old and New Concrete. Fracture Mechanics of Concrete and Concrete Structures. Proceedings of FraMCoS-7, Jeju, South Korea, May 23-28, 1195-1200.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :