PERENCANAAN DAN EVALUASI KESELAMATAN KERJA PEKERJAAN PEMANCANGAN PADA PROYEK “X” DI SURABAYA

Billy Susilo(1*), Jessica Adelia(2), Andi Andi(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pondasi adalah salah satu bagian struktur yang paling penting. Namun keselamatan kerjanya sering kali diremehkan dan tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya. Penulis bermaksud untuk membuat penelitian yang bertujuan memahami tahap perencanaan keselamatan kerja pekerjaan pemancangan dan menghitung nilai keselamatan kerjanya dengan menggunakan indikator nilai Percentage of Safe Work Packages (PSW) melalui metode Safety Planning and Controlling (SPC). Selain itu juga untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab kegagalan pelaksanaan rencana keselamatan pada pekerjaan pemancangan. Data dikumpulkan dengan melakukan pengamatan rutin secara langsung selama 8 minggu di sebuah proyek konstruksi di Surabaya yang sedang berada pada tahap pekerjaan pondasi. Dari hasil pengamatan dalam rentang 8 minggu tersebut, penulis mendapati nilai Percentage of Safe Work Packages (PSW) dari pekerjaan pemancangan pada proyek tersebut memiliki rata-rata cukup rendah, yaitu sebesar 46,77%. Penyebab kegagalan yang paling utama adalah adanya pekerja yang tidak memakai alat pelindung diri seperti sebagaimana yang telah disyaratkan dalam Job Safety Analysis. Melalui hasil-hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa keberadaan Job Safety Analysis belum dimanfaatkan secara tepat oleh kontraktor pemancangan. Tampak pula sikap pekerja yang mencerminkan ketidakpedulian mereka terhadap rencana keselamatan yang ada. Selain itu kontraktor juga cenderung tidak tegas terhadap rencana keselamatan kerja, yang menjadikan pekerja semakin tidak patuh kepada aturan-aturan tersebut.

Keywords


pondasi, keselamatan, PSW, SPC, JSA

Full Text:

PDF

References


Limanto, S. (2009). “Analisis Produktivitas Pemancangan Tiang Pancang pada Bangunan Tinggi Apartemen”. Seminar Nasional 2009. Universitas Kristen Maranatha, Bandung.

Limanto, S. (2010). “Evaluasi Pemancangan Tiang Pancang Tekan pada Bangunan Tinggi”. Simposium Nasional Rapi IX 2010 (Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri). Surakarta, Jawa Tengah.

Saurin, T. A., Formoso, C. T., Guimaraes, L. B. (2001). “Integrating Safety into Production Planning and Control Process : An Exploratory Study”. Proceedings 9th Annual Conference of the International Group of Lean Construction. National University of Singapore, Singapore.

Saurin, T. A., Formoso, C. T., Guimaraes, L. B. (2002). “Safety and Production : An Integrated Planning and Control Model”. Proceedings 10th Annual Conference of the International Group of Lean Construction. Gramado, Brazil.

Sebastianus, B. H. (2015). “Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai Peranan Pencegahan Kecelakaan Kerja di Bidang Konstruksi”. Peran Manajemen dan Teknologi Konstruksi dalam Mendukung Pengembangan Infrastruktur untuk Mewujudkan Kemandirian Nasional. Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil V. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :