STUDI PENERAPAN KONTRAK BERBASIS KINERJA PADA JALAN BEBAS HAMBATAN DI PROVINSI JAWA TIMUR

Yanichi Sutantra(1*), Ambrosius Mintardjo(2), Paulus Nugraha(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Krsiten Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Kontrak Berbasis Kinerja (KBK) merupakan sistem kontrak yang cukup baru di Indonesia, khususnya untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan bebas hambatan di Jawa Timur. Penerapan KBK di luar negeri sudah membuahkan hasil yang cukup baik dalam menjaga kualitas jalan dalam waktu yang lama. Penelitian dilakukan untuk mengetahui kesiapan dari berbagai pihak dan kendala-kendala yang menghambat penerapan KBK. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa pihak Pengelola Jalan Tol dan Kontraktor di Jawa Timur siap dalam penerapan KBK dalam pembangunan dan pemeliharaan jalan bebas hambatan di Jawa Timur. Namun, masih ada beberapa kendala yang menghambat dalam pelaksanaannya. Salah satu kendala terpentingnya ialah belum adanya undang-undang yang mengatur KBK.

Keywords


kontrak berbasis kinerja, jalan tol, biaya, multi-years

Full Text:

PDF

References


Hapsari, Tunjung. (2011). Pengaruh Infrastruktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jakarta.

Riduwan. (2009). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta. Bandung.

Stankevich, Natalya, Qureshi, Navaid and Queiroz, Cesar. (2005). “Roads and Rural Transport Thematic Group.” Performance-based Contracting for Preservation and Improvement of Road Assets. The World Bank, Washington DC.

Sujatsi, Rahmanita, Artama Wiguna, I Putu, dan G. Kartika, A. Agung. (2014). “Analisa Risiko Performance Based Contract pada Pemeliharaan Jalan Nasional.” Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XX. FTSP ITS, Surabaya, Indonesia, 1 Februari 2014.

Wirahadikusumah, Reini, et al. (2015). ” Performance Based Contracting for Roads Experiences of Australia and Indonesia.” The 5th International Conference of Euro Asia Civil Engineering Forum (EACEF-5). Procedia Engineering 125 (2015) 5-11.

Wahyudi, Soelaeman. (2009). Penerapan Kontrak Berbasis Kinerja (Performanced Based Contract) untuk Meningkatkan Effektifitas Penanganan Pemeliharaan Jalan. Universitas Indonesia. Depok.

Wijaya, I., Nurmalita, V., Wibowo, M. A., dan Yuniarto Adi, R.. (2014). “Analisis Kontrak Berbasis Kinerja (KBK) dan Kontrak Konvensional”. Jurnal Karya Teknik Sipil. Vol.3, No.4, 909-921. Semarang.

Zietlow, Gunter. (2004). Implementing Performance-based Road Management and Maintenance Contracts in Developing Countries. Eschborn, Germany.

Zietlow, Gunter J., and Bull, Alberto. (1999). Performance Specified Road Maintenance Contracts : the Road to the Future, the Latin American Perspective. 21st World Congress, Kuala Lumpur, 3-9 October 1999, pp. 1-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :