UPAYA PENERAPAN SOURCE VALIDATION PROTOCOL DARI FORENSIC SCHEDULE ANALYSIS PADA SALAH SATU PROYEK GEDUNG BERTINGKAT DI SURABAYA

Alfred Ghiannovfa(1*), Stephen Claudius(2), Paulus Nugraha(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Forensic Schedule Analysis mengacu pada studi dan ivestigasi peristiwa menggunakan CPM atau metode perhitungan jadwal lain yang diakui, sebagai pemecahan keterlambatan klaim dan berpotensi untuk digunakan dalam proses hukum. Dalam Forensic Schedule Analysis, terdapat protokol yang dapat dilakukan saat melakukan validasi data, yang disebut Source Validation Protocol. Source Validation Protocol memberikan panduan dalam proses untuk memastikan keabsahan dari data sumber yang menjadi dasar saat mengimplementasikan metode analisa jadwal forensik. Dalam proses validasi, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data penjadwalan pada salah satu proyek di Surabaya. Proses validasi dengan cara menyesuaikan setiap butir dari protokol validasi dengan sumber data yang tersedia. Hasil penelitian kali ini dapat disimpulkan bahwa data penjadwalan pada proyek secara keseluruhan masih belum memenuhi setiap butir protokol validasi dari Forensic Schedule Analysis, kemudian dilakukan pemilihan metode yang berpotensi untuk diterapkan berdasarkan persentase sumber data dari protokol validasi antara lain Contemporaneous Period Analysis, Time Impact Analysis dan Window Analysis.

Keywords


delay, forensic schedule analysis, validasi, source validation protocol, penjadwalan

Full Text:

PDF

References


Hoshino, K. P., at al. (2011). Forensic Schedule Analysis (rev. edition). AACE® International.

Braimah, N. (2013). Construction Delay Analysis Techniques: A Review of Application Issues and Improvement Needs. Civil Engineering Department, School of Engineering and

Design, Brunel University, 506 – 531.

Onoforio, D. F. M. dan Hoshino, K. P. (2010). AACE Recommended Practice for Forensic Schedule Analysis. American Bar Association Forum on the Construction Industry:

April 22.

Kartam, S. (199) Generic Methodology for Analysing Delay Claims. Construction. Engineering. Management. ASCE ,125, 409–419.

Wickwire, J.M. (2004) Groff, M.J. Update on CPM proof of delay claims. Sched. Update-Project Manag. Instit. Coll. Sched. , 1, 3–9.

Peters, T.F. (2007) Performing Forensic Delay Analyses from Deep within the Black Tent. AACE Int. Trans. 2, CDR.01.1–CDR.01.9.

Alkass, S.; Mazerolle, M.; Harris, F. (1996) Construction Delay Analysis Techniques. Construction Management Economic. 14, 375–394.

Ibbs, W.; Nguyen, L.D. (2007) Schedule Analysis under the Effect of Resource Allocation. Construction. Engineering. Management ASCE 2007, 133, 131–138.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :