PENGEMBANGAN SPREADSHEET UNTUK PERHITUNGAN KAPASITAS BAJA CANAI DINGIN (PROFIL Z DENGAN STIFFENER, PROFIL I DAN O DARI DUA PROFIL KANAL C) BERDASARKAN SNI 7971:2013

Randy Aditya Putra Ariussanto(1*), Sukrisna Gautama(2), Hasan Santoso(3), Ima Muljati(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunanaan baja canai dingin (cold-formed steel) mulai banyak digunakan di Indonesia terutama untuk struktur rangka atap. Hal ini disebabkan karena baja canai dingin memiliki berat yang lebih ringan dari pada material struktur atap yang lainnya. Karena kebutuhan baja canai dingin yang mulai meningkat, terutama untuk kuda - kuda, maka penelitian ini menyediakan panduan untuk mendesain kapasitas profil baja canai dingin yang berdasarkan pada SNI 7971:2013. Profil yang ditinjau adalah profil Z yang dilengkapi dengan stiffener, dan profil ganda berbentuk I dan O yang terbentuk dari dua buah kanal C (back to back atau toe to toe). Spreadsheet ini dilengkapi dengan perhitungan untuk menentukan kapasitas profil tekan, tarik, kombinasi lentur dan geser, kombinasi lentur dan tumpu, kombinasi aksial tekan dan lentur serta kombinasi aksial tarik dan lentur terhadap beban – beban yang terjadi. Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Setiawan dan Nishimura (2014) serta Louis dan Ariyavinanta (2015). Hasil akhir dari penelitian ini berupa program yang terdiri dari spreadsheet untuk mendesain dan menghitung kapasitas profil C-, Z-, dan Hat- yang dilengkapi dengan stiffener maupun tidak, serta profil ganda berbentuk I dan O yang terbentuk dari dua buah kanal C.

Keywords


profil baja canai dingin, stiffener, profil gabungan, SNI 7971:2013

Full Text:

PDF

References


Gad, E. (2012). Swin Channel. Swinburne University of Technology, Melbourne, Australia.

Louis, A. dan Ariyavinanta, E. (2015). Pengembangan Spreadsheet untuk Perhitungan Kapasitas Baja Canai Dingin dengan Pengaku Berdasarkan SNI 7971:2013. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Setiawan, E. dan Nishimura, Y. (2015). Pengembangan Spreadsheet untuk Perhitungan Kapasitas Baja Canai Dingin Berdasarkan SNI 7971:2013. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Tim Penyusun. (2013). SNI 7971:2013 “Struktur Baja Canai Dingin”. BSN, Jakarta.

Yu, W. W. (2000). Cold-Formed Steel Design (3rd ed.). John Wiley & Sons, Inc., Canada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :