KORELASI NILAI MACKINTOSH DENGAN N-SPT PADA TANAH URUGAN

Arnold Yapeter(1*), David Tanujaya(2), Johanes I. Suwono(3), Daniel Tjandra(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Para kontraktor di Indonesia umumnya menggunakan Standard Penetration Test (SPT) dan Cone Penetration Test (CPT) untuk menganalisa daya dukung tanah. Namun, metode tersebut masih menjadi pertimbangan bila harus dilakukan penyelidikan tanah di area terpencil. Solusi utamanya adalah dengan menggunakan metode Mackintosh Probe. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan korelasi antara hasil Mackintosh Probe (MPT) dengan hasil N-SPT serta gradasi agregat.Penelitian langsung di lapangan ini dilakukan pada tiga lokasi dengan kondisi dan jenis tanah yang berbeda, yaitu di lokasi Jasem, Dian Istana, Lingkar Timur, Sidoarjo. Dari penelitian ini dihasilkan korelasi MPT = 13 SPTuntuk tanah sirtu dan MPT = 17 SPT untuk tanah urugan lempung. Tanah yang mengandung pecahan dari batu besar tidak dapat dikorelasikan dengan baik.

Keywords


Mackintosh Probe, SPT, korelasi, gradasi agregat, dan pengetesan tanah

Full Text:

PDF

References


Fakher, A., Khodaparast, M., & Jones, C.J.F.P. (2005). The Use of The Mackintosh Probe for Site Investigation in Soft Soils. University of Tehran, Tehran, Iran.

Rizka, S., Ferry, F., & Soewignjo, A.N. (2013). Korelasi Hasil Uji Mackintosh Probe Dengan Kuat Geser Tanah Lunak. Jurusan Teknik Sipil Universitas Riau, Riau, Pekanbaru.

Haidary Al, Khalid. (2013). Geotechnical Engineering Group Training Manual Kingdom of Bahrain Ministry of Works Materials Engineering.Materials Engineering Directorate,Bahrain.

Laboratory Classification of Soils For Engineering Purposes.(1999).Texas :TxDot Designation, Tex-142-E.

Uponyagufron. (2012, June). Standard Penetration Test. Retrieved February 15, 2015, from http://www.scribd.com/doc/96944469/Standard-Penetration-Test#scribd.

Tanjung, D., Soetjianto, H., & Suwono, J.I. (2015). Korelasi Nilai Mackintosh Probe dengan N-SPT dan CPT pada Tanah Lempung. Universitas Kristen Petra, Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :