STUDI TENTANG PERAN PEMANGKU KEPENTINGAN TERHADAP KEBERHASILAN BANGUNAN HIJAU

Retno Minawati(1*), Lydia Octavia Lumanto(2), Herry Pintardi Chandra(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemangku kepentingan memiliki pengaruh terhadap suatu proyek, sehingga proyek harus dikelola dari pandangan semua pemangku kepentingan, tidak hanya owner dan kontraktor. Dengan adanya kesamaan pandangan dan dukungan dari pemangku kepentingan maka diharapkan dapat mencapai keberhasilan dari proyek bangunan hijau. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peranan pemangku kepentingan dalam mempengaruhi keberhasilan perwujudan bangunan hijau dan model yang berkaitan dengan keberhasilan bangunan hijau dan pemangku kepentingan. Penelitian tentang peran pemangku kepentingan terhadap keberhasilan bangunan hijau ini dilakukan di wilayah Indonesia dengan cara penyebaran kuisioner yang ditujukan kepada kontraktor, konsultan, pemerintah, supplier, dan pemerhati lingkungan. Selanjutnya semau kuisioner yang berhasil terkumpul dianalisis secara statistik, dengan menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM), dan menggunakan program AMOS dan SPSS. Dari hasil analisis didapatkan bahwa peran pemangku kepentingan yang paling berpengaruh terhadapa keberhasilan bangunan hijau adalah dampak pemangku kepentingan.

Keywords


peran pemangku kepentingan, bangunan hijau, keberhasilan proyek

Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Green Building Council Indonesia. (2014). Greenship untuk Bangunan Baru v. 1.2.

Munteanu, V., Gligor, D., and Bizoi, G. (2007). Project Management and Stakeholder Analysis an Ethical Approach for Infrastructure Development Projects. Retrived February 5, 2015, from http://rmci.ase.ro/Login/no8vol4/Vol8_No4_Article9.pdf.

McAdam, R. and Reid, R. (2000), ‘‘A comparison of public and private sector perceptions and use of

knowledge management’’, Journal of European Industrial Training, Vol. 24 No. 6, pp. 317-29.

Nguyen., et al. (2009). Stakeholder impact analysis of infrastructure project management in developing countries : a study of perception of project managers in state-owned engineering firms in Vietnam. Construction Management and Economics, 27(11), pp.1129-1140.

Rabinowitz, P. (2014). Identifying and Analyzing Stakeholders and Their Interests. Retrieved January 4, 2015, from http://ctb.ku.edu/en/table-of-contents/participation/encouraging involvement/identify-stakeholders/main.

Simamora, Bilson. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen, Gramedia Pustaka Utama, PT, Jakarta.

Wulfram,E. (2010). Studi Penerapan Konsep Green Building pada Industri Jasa Konstruksi, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :