PENGARUH PENGGUNAAN KOMBINASI VISCOSITY MODIFYING ADMIXTURES DAN SUPERPLASTICIZER TERHADAP RHEOLOGI MORTAR DAN BETON SELF COMPACTING CONCRETE

Masyogo Pangestu(1*), Ariyanto Mulya Sim(2), Antoni .(3), Djwantoro Hardjito(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Krsiten Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Krsiten Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Self Compacting Concrete (SCC) merupakan salah satu teknologi bahan konstruksi yang berkembang dengan pesat karena kebutuhan terhadap SCC yang semakin banyak. Hal ini disebabkan semakin banyaknya struktur beton yang mempunyai keanekaragaman bentuk dan nilai artistik yang tinggi, yang menimbulkan tantangan dalam pembuatannya. Dalam pembuatan SCC terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kinerjanya, namun penelitian ini difokuskan terhadap pengaruh admixtures yang digunakan. Penelitian dilakukan dengan mengevaluasirheologi dan kuat tekan mortar dan beton SCC. Penelitian ini menggunakan dua jenis admixtures yaitu superplasticizer dan Viscosity Modifying Admixtures (VMA). Pada mortar digunakan mix design berdasarkan volume, dengan perbandingan pasir : pasta sebesar 50:50 dan Vw/Vp sebesar 0.8. Pada beton SCC digunakan mix desain berdasarkan volume dengan perbandingan agregat kasar : mortar sebesar 30:70, pasir : pasta sebesar 40:60, dan Vw/Vp sebesar 0.8. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kombinasi VMA dan Superplasticizer yang tepat pada mortar dan beton dapat menstabilkan campuran yang mengalami bleeding dan segregasi. Selain itu juga dapat meningkatkan nilai flow dan kuat tekan bila dibandingkan dengan campuran yang mengalami bleeding dan segregasi.

Keywords


Self Compacting Concrete,mortar, superplasticizer, Viscosity Modifying Admixtures, rheologi

Full Text:

PDF

References


Felekoǧlu, B., Türkel, S., & Baradan, B. (2007). Effect of Water/Cement Ratio on The Fresh and Hardened Properties of Self-Compacting Concrete. Building and Environment, 42, 1795–1802.

Khaleel, O. R.,& Abdul Razak, H. (2014). Mix Design Method for Self Compacting Metakaolin Concrete with Different Properties of Coarse Aggregate. Materials and Design, 53, 691–700.

Lachemi, M., Hossain, K. M., Lambros, V., Nkinamubanzi, P. C., & Bouzoubaâ, N. (2004). Performance of New Viscosity Modifying Admixtures in Enhancing The Rheological Properties of Cement Paste. Cement and Concrete Research, 34, 185–193.

Nepomuceno, M., Oliveira, L., & Lopes, S. M. R. (2012). Methodology for Mix Design of The Mortar Phase of Self-Compacting Concrete Using Different Mineral Additions in Binary Blends of Powders. Construction and Building Materials, 26, 317–326.

Nugraha, P. & Antoni, 2007. Teknologi Beton. Penerbit ANDI

Okamura, H., & Ouchi, M. (2003). Self-Compacting Concrete. Advance Concrete Techonology, 1(1), 5–15.

Rodríguez Viacava, I., Aguado De Cea, A., & Rodríguez De Sensale, G. (2012). Self-Compacting Concrete of Medium Characteristic Strength. Construction and Building Materials, 30, 776–782.

Schmidt, W., Brouwers, H. J. H., Kühne, H. C., &Meng, B. (2014). Influences of Superplasticizer Modification and Mixture Composition on The Performance of Self-Compacting Concrete at Varied Ambient Temperatures. Cement and Concrete Composites, 49, 111–126.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :