ANALISIS KEPENTINGAN DAN PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (STUDI KASUS PROYEK GEDUNG P1 DAN P2 UKP)

Caesario Alam Widjaja S(1*), Heryanto Hartadi(2), Ratna S. Alifen(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Pembimbing Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Industri konstruksi memiliki tingkat kecelakaan kerja paling tinggi dibandingkan industri lainnya. Maka dari itu perlu ada nya program K3 agar pekerjaan dapat berlangsung dengan aman . Program K3 tidak dapat berjalan sendiri tanpa adanya sistem manajemen K3 yang mengatur (SMK3). Penelitian ini dimaksud untuk mempelajari dan meneliti tingkat kepentingan dan penerapan SMK3 di proyek pembangunan Gedung P1&P2 UKP. Metode penelitian dengan cara penyebaran kuesioner yang terbatas pada project manager, site engineer manager, site operational manager, safety officer, quality control, para pelaksana, mandor, dan pekerja. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kegiatan menyediakan obat-obatan untuk pertolongan pertama pada kecelakaan merupakan kegiatan yang paling penting dan tahapan penyediaan sarana safety merupakan tahap yang paling penting dalam SMK3. Dari seluruh nilai tahapan yang diperoleh, seluruh tahapan SMK3 dinilai penting dan dari hasil penelitian diketahui bahwa semua kegiatan tersebut sudah diterapkan oleh kontraktor dengan baik.

Keywords


sistem manajemen K3 (SMK3), program K3, tahapan SMK3

Full Text:

PDF

References


Hinze, J. W. (1997). Construction Safety. New Jersey.

Indonesia. Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia (1996). Peraturan Menteri TenagaKerja: PER.5/MEN /1996,

Indonesia. Presiden Republik Indonesia (2012). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja,

Liono, K.B., Sutardji, S.W. (2011). Pengaruh Manajemen K3 terhadap Waktu dan Biaya Proyek. (TA No. 21011797/SIP/2011). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Malik, J. A. (2013). Pengaruh Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Kinerja Karyawan Proyek Konstruksi pada PT. Pembangunan Perumahan (PERSERO) Tbk. Di Makassar. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Wuon, A.B. (2013). Analisis Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT. Kerismas Witikco Makmur Bitung. Jurnal. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, Manado.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :