SURVEI MENGENAI BIAYA OVERHEAD SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Henry Pascal Magaline(1*), Alvin Januar Haryono(2), Andi .(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Biaya overhead sebuah proyek merupakan salah satu unsur harga pokok produk konstruksi. Biaya ini merupakan elemen biaya konstruksi yang relatif besar dan sulit pengendaliannya, serta tidak mudah dibebankan secara langsung kepada suatu hasil produksi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai estimasi dan pengendalian biaya overhead serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Survei ini dilakukan pada 32 kontraktor kelas menengah dan 23 kontraktor kelas besar di Surabaya dengan penyebaran kuisioner dan dilengkapi dengan wawancara. Selanjutnya, semua kuisioner yang berhasil terkumpul dianalisis secara deskriptif dan menggunakan analisis mean.
Dari hasil analisis didapatkan komponen utama biaya overhead yang diperhitungkan, serta estimasi dan pengendalian biaya overhead yang dilakukan kontraktor kelas besar lebih terperinci dibandingkan dengan kontraktor kelas menengah. Faktor-faktor utama biaya overhead proyek dipengaruhi oleh kondisi dan karakteristik proyek konstruksi yang dikerjakan. Sedangkan faktor-faktor utama yang mempengaruhi biaya overhead kantor dipengaruhi oleh kondisi pasar dan keuangan perusahaan. Secara umum tidak ada perbedaan yang signifikan pada faktor-faktor yang mempengaruhi biaya overhead proyek dan biaya overhead kantor antara kontraktor kelas menengah dengan kontraktor kelas besar.


Keywords


biaya overhead, estimasi biaya, faktor-faktor, pengendalian biaya

Full Text:

PDF

References


American Association of Cost Engineering (AACE), (1992). Skills and Knowledge of Cost Engineering, 3rd Edition, ACE, West Virginia. Bennett, F. L., (2003). The Management of Construction: A Project Life Cycle Approach, University of Alaska, Fairbanks.

Cilensek, R., (1991). Understanding Contractor Overhead Cost Engineering (AACE), 33(12), p.21-31.

Hansen, S., (2012). Measuring Overhead, (January 25, 2015).

Hesami, S., & Lavasani, S. A., (2014). “Identifying and Classifying Effective Factors Affecting Overhead Costs in Constructing Projects in Iran.” International Journal of Construction Engineering and Management, 3(1), 24-41.

Minkarah, I. & Ahmad, I., (1988). “Quistionare Survey on Bidding in Construction.” Journal of Management in Engineering. Vol. 4(3). pp. 229-243.

Taylor, G. R., (1994). “The Importance of Estimating Your Overhead.” Cost Engineering. Vol.36 (No.2), hal.15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :