PRODUKTIVITAS PEKERJA PADA PEKERJAAN BETON BERTULANG PROYEK BANGUNAN BERTINGKAT (Studi Kasus Proyek Bangunan Condominium TP6)

Fransisco Ardi(1*), Kefin C. Wanandy(2), Ratna S. Alifen(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Mayoritas pekerjaan bangunan bertingkat pada umumnya adalah pekerjaan struktur beton bertulang. Pekerjaan struktur beton bertulang adalah pekerjaan bekisting, penulangan, dan pengecoran. Salah satu hal yang perlu di manajemen dari pekerjaan struktur beton bertulang adalah pekerja. Hal yang perlu diketahui dalam manajemen pekerja adalah produktivitas pekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung nilai produktivitas pekerja pekerjaan struktur beton betulang,mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi produktivitas pekerja pada pekerjaan struktur beton bertulang, dan membandingkan hasil produktivitas pekerja dengan SNI tahun 2008.Penelitian ditunjang dengan observasi lapangan pada proyek condominium TP6. Hasil penelititan menunjukkan bahwa faktor kondisi lapangan, ketersediaan material, faktor relaxation allowances dan contingency allowances, jumlah pekerja.

Keywords


produktivitas, pekerja, pekerjaan struktur beton bertulang, bangunan bertingkat

Full Text:

PDF

References


Bartol, K, M.and Martin, D, C. (1998). Management : InternationalEdition,McGraw-Hill, USA.

Diana. dan Ongojoyo, A. (2000). Penentuan Produktivitas Tenaga Kerja dalam Kaitannya dengan Usaha Pengingkatan Produktvitas.Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Dipohusodo, I. (1996).Manajemen Proyek dan Konstruksi, Jilid 2,Kanisius,Yogyakarta.

Griffis, F, H. and Farr, J, V. (2000). Construction Planning for Engineers : Planning for Labor-driven Activities,McGraw-Hill International Education, Singapore.

Heap, A. (1987). Improving Site Productivity in the Construction Industry,International Labour Office, Geneva.

Kristanto, N. (2012). Studi Kasus Pengukuran Pengaruh Faktor-faktor terhadap Produktivitas Pekerja pada Proyek Konstruki. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Oglesby, C.H., Parker, H.W. and Howell, G.A. (1989). Productivity Improvement in Construction, McGraw-Hill,Singapore.

Olomolaiye, P.O., Jayawardane, A.K.W.,and Harris, F.C. (1998). Construction Productivity Management, Longman, England.

Trisiany, E.M.,and Halim, E. (2006). Analisa Nilai Perbandingan Produktivitas Tenaga Kerja dengan Menggunakan Metode Standard dan Aktual (Studi Kasus Proyek X dan Y).Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :