STUDI TENTANG HARGA SATUAN UPAH PADA PROYEK KONSTRUKSI

Daniel Kusnanto(1*), Aditya Ronald Dohar(2), Indriani Santoso(3), Budiman Proboyo(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Upah merupakan salah satu elemen penting dalam pembangunan proyek konstruksi. Di Indonesia, dikenal dua cara untuk melakukan perhitungan biaya konstruksi yaitu perhitungan sesuai dasar SNI Analisis Biaya Konstruksidan perhitungan secara borong kerja. Untuk melakukan estimasi terhadap upah tenaga kerja, diperlukan data historis berupa kuantitas pekerjaan, upah harian dan indekstenaga kerja. Data tersebut diolah hingga didapatkan harga satuan upah untuk masing-masing pekerjaan. Fokus penelitian ini adalah pekerjaan struktur atas beton bertulang dan arsitektur. Pekerjaan struktur meliputi pekerjaan pengecoran, pemasangan bekisting, dan pembesian pada struktur kolom, balok, plat, dan tangga. Sedangkan pekerjaanarsitekturmeliputi pekerjaan pemasangan dinding bata ringan, plesteran, dan acian. Berdasarkan hasil penelitianterhadap proyek Hotel 9 lantai di Surabaya Selatan dan proyek gedung perkantoran 16 lantai di Surabaya Barat, diperoleh hasil mengenai persentase upah borongan terhadap SNI. Juga diperoleh indeks tenaga kerja untuk upah borongan.

Keywords


harga satuan upah, proyek konstruksibangunan bertingkat tinggi

Full Text:

PDF

References


Admodjo, Haryanto & Meidianto, David. (2001). Studi tentang Manajemen Pekerja Bangunan untuk Pemborong Pemula di Surabaya. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Badan Standarisasi Nasional. (2008).Handbook Standar Nasional Indonesia Analisa Biaya Konstruksi, Badan Standarisasi Nasional,Jakarta.

Rustan, Rudy & Gunawan, Teddy. (2002). Pengukuran Produktivitas Pekerja sebagai Dasar Perhitungan Upah Kerja pada Anggaran Biaya. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :