MONITORING PENJADWALAN PROYEK & EVALUASI JUMLAH TOWER CRANE PADA PROYEK CONDOMINIUM & PODIUM SEBUAH PLAZA DI TENGAH KOTA

Agnes Maria Wijaya(1*), Ayu Wirastuti(2), Paulus Nugraha(3), Sandra Loekita(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Proyek konstruksi merupakan kegiatan yang dibatasi oleh durasi waktu, agar dapat mengetahui proyek masih berjalan sesuai dengan rencana, maka perlu dilakukan evaluasi. Evaluasi penjadwalan dilakukan dengan mengevaluasi jadwal rencana proyek dengan realisasi pelaksanaan. Tower Crane (TC) merupakan salah satu alat berat yang digunakan untuk pembangunan gedung-gedung tinggi. Dalam proyek konstruksi, TC digunakan sebagai alat bantu untuk mengangkut material, oleh karena itu penempatan TC perlu direncanakan secara tepat. Sehingga TC dapat membantu proyek berjalan sesuai dengan jadwal rencana, terutama pada proyek yang lahannya terbatas. Penempatan TC memperhitungkan titik konflik yang terjadi antar TC. Penelitian ini menggunakan sampel proyek Condominium dan Podium sebuah Plaza di tengah kota, yang lahannya sangat terbatas, baik jalan akses untuk peralatan maupun material. Penelitian dimulai dengan mengolah data yang ada untuk mengevaluasi jadwal rencana dan realisasi pelaksanaan, serta penempatan TC dengan menggunakan teori titik konflik yang terjadi antar TC dengan menggunakan 3 skenario. Dengan melakukan perbandingan antara jadwal rencana dan realisasinya, maka terlihat bahwa proyek tersebut mengalami kemunduran pekerjaan, yang berkisar antara 17-52 hari. Dengan menggunakan perhitungan titik konflik dari ketiga skenario penempatan TC, ditemukan bahwa penempatan yang paling optimal yaitu skenario 3, dimana jumlah konfliknya paling sedikit.

Keywords


monitoring/pengendalian, penjadwalan, penempatan, Tower Crane, titik konflik

Full Text:

PDF

References


Day, D. A. (1973). Construction Equipment Guide, first edition. John Wiley & Sons,Inc. Canada. Gudda, P. (2011). A Guide to Project Monitoring & Evaluation. Authorhouse. Bloomington.

Nunnally, S.W. (2007). Construction Methods and Management, seventh edition. New Jersey: Prentice Hall.

Rahman, S. (2012, February). Optimasi Lokasi untuk Group Tower Crane pada Proyek Apartemen Guna Wangsa Surabaya. Undergraduate Thesis of Civil Engineering. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Retrieved April 24, 2015, from http://digilib.its.ac.id/optimasi-lokasi-untuk-group-tower-crane-pada-proyek-apartemen-guna-wangsa-surabaya-19130.html

Sebt, M.H., Karan, E.P., & Delavar, M.R. (2008, December). “Potential Application of GIS to Layout of Construction Temporary Facilities.” International Journal of Civil Enginering. Vol 6, No. 4, 235-245.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :