PENGEMBANGAN TABEL BAJA UNTUK PROFIL GANDA SEBAGAI ALAT BANTU DESAIN KOMPONEN STRUKTUR BAJA

Welly William(1*), Billy Prawira Candra(2), Effendy Tanojo(3), Pamuda Pudjisuryadi(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Pembimbing Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Pembimbing Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Profil baja merupakan material bahan konstruksi yang sudah umum dipergunakan pada bangunan. Untuk mempermudah pemakaian, kontraktor maupun konsultan mempergunakan tabel profil konstruksi baja sebagai alat bantu perhitungan. Pada kenyataannya, tabel profil baja saat ini hanya menyediakan data-data berupa berat, luas penampang, momen inersia, radius girasi, dan modulus elastis. Tugas akhir ini bertujuan mengembangkan tabel profil baja untuk profil tunggal, serta menyusun tabel baru untuk profil ganda, juga profil castellated beam. Data-data yang akan dikembangkan berupa kuat tarik nominal, kuat tekan nominal, kuat lentur nominal, dan kuat geser nominal untuk profil baja. Penyusunan tabel ini akan memberikan kemudahan untuk merencanakan bangunan baja berdasarkan SNI 03-1729-2002 dan Journal of Structural Engineering (ASCE, 1992).

Keywords


castellated beam, kuat geser nominal, kuat tarik nominal, kuat tekan nominal, kuat lentur nominal, profil baja, profil ganda, profil tunggal

Full Text:

PDF

References


ASCE. (1992). “Porposed Spesification for Structural Steel Beams with Web Openings. ” Journal of Structural Engineering. Vol. 118, No. 12, 3315-3349.

Badan Standardisasi Nasional. (2002). Tata Cara Perencanaan Struktur Baja untuk Bangunan Gedung (SNI 03-1729-2002), Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta, Indonesia.

Dharmawan, M. (2014). Pengembangan Tabel Baja sebagai Alat Bantu dalam Pelaksanaan Konstruksi Baja. (TA No. 21011971/SIP/2014) Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia.

Gunawan, R., Morisco. (1987). Tabel Profil Konstruksi Baja, Kanisius, Yogyakarta, Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :