PRODUKTIVITAS ALAT BERAT PADA PEKERJAAN GALIAN GEDUNG P1 P2 UK PETRA

Kelvin Rudy Sutanto(1*), Michael Halmar Kosasi(2), Andi Andi(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemilihan alat berat mempengaruhi efisiensi dan profitabilitas pada pekerjaan konstruksi. Tingkat efektivitas alat berat dinilai berdasarkan produktivitas alat. Produktivitas merupakan hasil bagi dari output terhadap input. Metode penelitian yaitu dengan menghitung volume aktual (VA) yang tercapai per hari, mencatat volume bucket, waktu siklus (Cm), waktu kerja dan waktu efektif backhoe menggali setiap hari. Dua pendekatan dilakukan untuk perhitungan produktivitas menggunakan waktu siklus untuk satu kali siklus backhoe dan waktu kerja harian yang dibagi menjadi waktu kerja selama 8 jam serta waktu efektif tanpa idle. Hasil pengolahan data waktu siklus diperoleh produktivitas ideal (PI) menggunakan waktu siklus baseline sebesar 140.05 m3/jam, produktivitas teoritis (PT) menggunakan waktu siklus teoritis sebesar 67.185 m3/jam, produktivitas aktual mean (PA) menggunakan waktu siklus rata-rata sebesar 110.83 m3/jam. Sedangkan hasil pengolahan data dari waktu kerja adalah produktivitas aktual kinerja (PAK) yang dibagi dengan waktu kerja 8 jam sebesar 28.91 m3/jam, produktivitas aktual efektif (Pefektif) dengan waktu efektif tanpa idle sebesar 47.35 m3/jam. Pada akhirnya, dengan menggunakan PAK disimpulkan bahwa produktivitas backhoe pada proyek gedung P1 P2 UK Petra adalah 28.91 m3/jam/alat. Selisih nilai produktivitas tersebut dipengaruhi oleh double handling dan waktu tidak efektif backhoe akibat idle, maintenance, menunggu dump truck, merapikan tanah, dan moving.

Keywords


produktivitas, galian, backhoe

Full Text:

PDF

References


Alifen, Ratna S. (2012). Diktat Teknik Pelaksanaan dan Peralatan, Universitas Kristen Petra.

Nunnally, S.W. (2007). Construction Methods and Management, Seventh Edition. Prentice Hall, Inc.

Peurifoy, R.L. (2006). Construction, Planning, Equipment, and Methods, Seventh Edition. Mc Graw Hill, Inc.

Rostiyanti. (2008). Alat-alat Berat Proyek Konstruksi, Penerbit Erlangga.

Sajekti. (2009). Metode Kerja Bangunan Sipil, Penerbit Erlangga.

Thomas, H. Randolph. (2000). Principles of Construction Labor Productivity Measurement and Processing. Pennsylvania Transportation Institute.

Wibowo, Adhi., Xaverius, F. (2003). Kinerja Alat Gali dan Alat Angkut Tanah pada Pekerjaan Galian Tanah Basement, Skripsi S-1 Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :