PERBANDINGAN KINERJA BANGUNAN YANG DIDESAIN DENGAN FORCE-BASED DESIGN DAN DIRECT DISPLACEMENT-BASED DESIGN MENGGUNAKAN SNI GEMPA 2012

Fransiscus Asisi(1*), Kevin Willyanto(2), Ima Muljati(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Banyak penelitian-penelitian mengenai kinerja Direct Displacement Based Design (DDBD) dan Force Based Design (FBD) telah dilakukan sebelumnya. Namun, penelitian-penelitian tersebut masih dilakukan dengan menggunakan SNI 03-1726-2002 yang sudah tidak relevan untuk dipakai lagi saat ini karena adanya perubahan peraturan dari SNI 03-1726-2002 menjadi SNI 1726-2012 oleh pemerintah. Penelitian ini membandingkan kinerja antara FBD dan DDBD menggunakan SNI 1726-2012 dengan cara mendesain struktur 6 lantai dengan denah tipikal yang sama menggunakan kedua metode pada wilayah beresiko gempa tinggi dan rendah. Struktur yang didesain diuji dengan analisis non-linear dinamis time history. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa struktur bangunan yang didesain dengan DDBD memberikan kinerja yang lebih baik daripada FBD baik dalam drift ratio ataupun failure mechanism. Satu-satunya kelemahan dari DDBD adalah biaya yang lebih mahal karena hasil desain yang menggunakan lebih banyak material. Namun, hasil desain DDBD lebih terjamin sesuai desain perencana dan waktu yang terbuang untuk mendesain tidak sebanyak FBD.

Keywords


Direct Displacement Based Design, Force Based Design, Static Equivalent, Response Spectrum, kinerja struktur.

Full Text:

PDF

References


Budiono, B. (2011). “Konsep SNI Gempa 1726-201X.” Konstruksi Indonesia Melangkah ke Masa Depan. Seminar HAKI 2011, Jakarta, Indonesia, 26 - 27 Juli.

Departemen Pekerjaan Umum. (2012). SNI 1726-2012 Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non-gedung, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta, Indonesia.

Ghosh, S.K. and Fanella, D.A. (2003). Seismic and Wind Design of Concrete Buildings, International Code Council, United States.

Lumantarna, B. dan Lukito, M. (1997). “RESMAT Sebuah Program Interaktif untuk Menghasilkan Riwayat Waktu Gempa dengan Spektrum Tertentu.” Proceedings of HAKI Conference 1997, Jakarta, Indonesia, August 13 - 14.

Montejo, L.A. (2007). CUMBIA, Department of Civil, Construction, and Environmental Engineering North Carolina State University, North Carolina, United States.

Priestley, M.J.N., Calvi, G.M. and Kowalsky, M.J. (2007). Displacement-Based Seismic Design of Structure, IUSS Press, Pavia, Italy.

SeismoSoft. (2007). SeismoStruct – A Computer Program for Static and Dynamic Nonlinear Analysis of Framed Structure, Seismosoft, Pavia, Italy.

Widodo. (2011). Seismologi Teknik & Rekayasa Kegempaan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :