PEMANFAATAN LUMPUR SIDOARJO SECARA MAKSIMAL DENGAN CAMPURAN FLY ASH DALAM PEMBUATAN MORTAR GEOPOLIMER

Andi Widjaya(1*), Chrysilla Natallia(2), , Antoni(3), Djwantoro Hardjito(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Krsiten Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Krsiten Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian terhadap pemanfaatan lumpur Sidoarjo telah banyak dilakukan sebelumnya. Salah satu cara usaha pemanfaatan yang dilakukan adalah menggunakan lumpur Sidoarjo sebagai bahan pembuatan mortar geopolimer. Pada penelitian kali ini lumpur Sidoarjo yang digunakan digiling selama 12 jam dan fly ash digiling selama 6 jam. Ketika kedua material ini lebih halus, maka luas permukaan partikel bertambah sehingga partikel menjadi lebih reaktif dan juga mortar akan semakin padat. Pada penelitian ini menggunakan variasi water to binder ratio (w/b) dari 0,25; 0,3; 0,35; 0,4. Dari hasil yang didapat, dipilih komposisi campuran dengan w/b yang memiliki kuat tekan dan kelecakan yang bagus yaitu w/b 0,3 dan 0,35. Lumpur Sidoarjo dan fly ash digunakan bersama-sama, dengan perbandingan massa lumpur Sidoarjo yang digunakan mulai dari 0%, 25%, 50%, 60%, 70%, 80%, 90%, 100%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggilingan lumpur Sidoarjo dan fly ash, mortar memiliki berat jenis yang lebih tinggi, tetapi penggilingan fly ash tidak memberikan tambahan kuat tekan pada mortar geopolimer. Perbandingan massa lumpur Sidoarjo dan fly ash yang menghasilkan kuat tekan paling tinggai adalah 50% : 50%. Kemudian nilai kuat tekan mortar geopolimer dengan massa lumpur Sidoarjo dari 60% hingga 90% memiliki nilai yang tidak jauh berbeda.

Keywords


mortar geopolimer, lumpur Sidoarjo, fly ash

Full Text:

PDF

References


Davidovits, J. (2008). Geopolymer Chemistry and Applications. Saint-Quentin, France.

Hardjito, D., & Antoni. (2014). Potentials of LUSI Volcanic Mud as Construction Materials. Asian Bulletin of Engineering Science and Technology, 1, 1-6.

Jaturapitakkul, C., Kiattikmol, K., & Songpiriyakij, S. (1999). A Study of Strength Activity Index of Ground Course Fly Ash with Portland Cement. Journal Science Asia, 25, 223-229.

Jodjana, A., & Djoewardi, A. C. (2014). Pemanfaatan Campuran Lumpur Sidoarjo dan Fly Ash dalam Pembuatan Campuran Mortar Geopolimer Mutu Tinggi. Tugas Akhir Universitas Kristen Petra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :