DIRECT DISPLACEMENT BASED DESIGN PADA SISTEM RANGKA DENGAN KETIDAKBERATURAN PERGESERAN MELINTANG TERHADAP BIDANG

Amelinda Kusuma(1*), Fonny Hindarto(2), Ima Muljati(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Metode yang sering digunakan untuk mendesain bangunan tahan gempa ialah metode Forced Based Design (FBD). Namun pada metode tersebut terdapat kelemahan sehingga muncul metode baru yang disebut Direct Displacement Based Design (DDBD). Penerapan metode Direct Displacement Based Design (DDBD) dalam mendesain sebuah bangunan tahan gempa semakin banyak digunakan. Metode ini sudah diteliti pada sistem rangka yang beraturan dan perlu diteliti lebih lanjut pada sistem rangka yang tidak beraturan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain dan mengevaluasi kinerja sistem rangka dengan ketidakberaturan pergeseran melintang terhadap bidang yang direncanakan secara DDBD. Sistem rangka yang diteliti adalah sistem rangka pada bangunan 6 lantai di kota Surabaya dan Jayapura. Kinerja sistem rangka akan diuji dengan dynamic nonlinear time history analysis (NLTHA) terhadap parameter yang meliputi story drift, damage index, dan mekanisme keruntuhan plastis. Seluruh parameter yang dihasilkan dari NLTHA sudah mendekati target perencanaan yang ditentukan. Oleh sebab itu penelitian ini menyarankan untuk meneliti lebih lanjut khususnya pada konfigurasi sistem rangka yang lain.

Keywords


Direct Displacement Based Design, sistem rangka dengan ketidakberaturan pergeseran melintang terhadap bidang.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum. (2012). SNI-03-1726-2012. Standar Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Rumah dan Gedung. Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

EuroCode 8 (2012). Seismic Design of Building Part 1. Author, Eropa.

Hendratha, A. dan Adi,T. (2014). Pengaruh Dilatasi pada Bangunan dengan Ketidakberaturan Sudut Dalam yang Didesain secara Direct Displacement Based. Tugas Akhir No. 1101 1951/SIP/2014. Jurusan Teknik Sipil. Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Montejo, L.A. (2007). CUMBIA. North Carolina: Department of Civil, Construction, and Environmental Engineering, North Carolina State University.

SeismoSoft.(2007). SeismoStruct – A Computer Program for Static and Dynamic Nonlinear Analysis of Framed Structure, available from URL: http://www.seismosoft.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :