PENERAPAN KONSEP SUSTAINABLE PADA RUMAH TINGGAL DARI SEGI MATERIAL

Allan Subrata Ottong(1*), Felix Yuwono(2), Ratna S. Alifen(3), Paulus Nugraha(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembangunan rumah tinggal di Indonesia adalah salah satu kegiatan konstruksi yang turut menyumbang kerusakan lingkungan. Secara global, sektor konstruksi mengkonsumsi 50% sumber daya alam, 40% energi, dan 16% air. Konstruksi juga menyumbangkan emisi CO2 terbanyak (45%). Dampak lingkungan tersebut memerlukan solusi agar kegiatan konstruksi dapat terus terlaksana dengan
upaya mengurangi dampak lingkungan tersebut. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan sistem pembangunan yang berkelanjutan atau sustainable construction.
Penelitian ini membahas penerapan konsep sustainable pada rumah tinggal dari segi material, dan juga membahas mengenai contoh penerapan alternatif material sustainable pada rumah tinggal. Metode penelitian yang digunakan adalah analisa deskriptif untuk pemenuhan poin-poin MRC (Material and Resources Cycle) dari Greenship Homes dari elemen dan subelemen dari contoh permodelan rumah tinggal, dan analisis deskriptif terhadap siklus material dan konsep 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle). Hasil penelitian ini adalah berupa contoh penerapan alternatif material pada rumah tinggal yang memenuhi konsep sustainable dari segi material. Dari konsep 3R, konsep reduce adalah konsep yang paling sering dipenuhi. Dari siklus materialnya, penerapan konsep sustainable paling banyak terjadi pada tahapan transportasi dan pemrosesan. Dari pemenuhan poin MRC, poin yang paling banyak terpenuhi adalh poin yang berkaitan dengan material yang diproses secara ramah lingkungan dan penggunaan material lokal.

Keywords


material sustainable, greenship homes, MRC, siklus material

Full Text:

PDF

References


Green Building Council Indonesia. (2010, Juni). GREENSHIP Homes Rating Tools untuk Rumah Tinggal versi 1.0. Retrieved December 21, 2014 from http://www.greenshiphomes.org/

Tabela, A. (2012). Building Materials and The Environment.

Suriptono. (2014). Teknik Sipil. Menghadirkan Konstruksi Hijau. Presentasi Kuliah Umum 12 Maret 2014 di UK Petra, Surabaya.

Sutanta. (2009). Panduan Lengkap Membangun Rumah. Bogor, Indonesia.

Ottong, Yuwono. (2014). Penerapan Konsep Sustainable pada Rumah Tinggal dari Segi Material. Surabaya, Indonesia.

World Commission on Environment and Development. (1987). Our Common Future, Report of the World Commission on Environment and Development. Development and International Co-operation: Environment August 2, 1987.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :