KECELAKAAN KERJA DAN ANALISIS PENERAPAN PERATURAN KESELAMATAN KERJA PEKERJAAN GALIAN TANAH PADA PROYEK KONSTRUKSI DI SURABAYA

Yonathan .(1*), Andreas .(2), Andi .(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Dari permasalahan pekerjaan galian tanah yang rawan terjadi kecelakaan kerja, maka pihak kontraktor perlu memberikan perhatian khusus terhadap penerapan peraturan keselamatan kerja untuk menjamin keselamatan para pekerja. Penelitian ini membahas mengenai jenis kecelakaan kerja yang paling sering terjadi beserta dengan faktor penyebabnya. Selain itu, dalam penelitian ini juga dilakukan observasi guna menganalisis dan mengevaluasi penerapan peraturan keselamatan kerja oleh para kontraktor di Surabaya.
Dari hasil penyebaran kuisioner diperoleh bahwa jenis kecelakaan kerja pada pekerjaan galian tanah adalah terperosok ke dalam galian dengan jumlah frekuensi sebesar 74 responden, dengan faktor penyebab utamanya adalah penerangan yang kurang dalam galian dengan jumlah frekuensi sebesar 32 responden. Dari hasil observasi lapangan yang dilakukan di lima proyek konstruksi di Surabaya, diperoleh bahwa peraturan yang paling sering tidak diterapkan adalah peraturan mengenai adanya penghalang atau lampu sinyal untuk membatasi pekerja, jarak kendaraan dan galian dengan persentase sebesar 40% dan peraturan mengenai penggunaan safety tool untuk para pekerja dengan persentase sebesar 40%. Namun bila dilihat secara keseluruhan, dapat dilihat bahwa semua proyek yang diobservasi sebagian besar telah menerapkan peraturan yang ada pada checklist. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan peraturan keselamatan kerja pekerjaan galian tanah dalam proyek konstruksi di Surabaya dinilai sudah cukup baik.

Keywords


galian tanah, kecelakaan kerja, peraturan keselamatan kerja, proyek konstruksi

Full Text:

PDF

References


Davis, V. J., & Tomasin, K. (1996). Construction Safety Handbook, Thomas Telford Services Ltd, London.

Hinze, J. W. (1997). Construction Safety, Prentice Hall Inc, New Jersey.

Holt, A. S. J. (2001). Principles of Construction Safety, Blackwell Science Ltd, Oxford.

OSHA Excavation Standard Handbook. (1997), J.J.Keller & Associates, Inc, USA.

Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia. (1996). Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Departemen Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Puller, M. (1996). Deep Excavation, Thomas Telford Services Ltd, London.

Sjachridin, M., dkk. (1998). Pemindahan Tanah Mekanis, Bagian Penerbitan Institut Teknologi Nasional, Malang.

Suprenant, B. A., & Basham, K. D. (1993). Excavation Safety with OSHA Standard, The Aberdeen Group, USA.

Sutioso, H., & Susanto, R. (2005). Kecelakaan dan Keselamatan Kerja Pekerjaan Galian Tanah pada Proyek Konstruksi di Surabaya. (Tugas Akhir No. 20301445/SIP/2005). Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Undang-undang RI No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. (1970). Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :