ANALISIS DURASI PROYEK X DENGAN METODE EARNED SCHEDULE

Teddy - Sugiarto, Thomas Joshua Winarto, Sentosa - Limanto

Abstract


Pada dasarnya setiap proyek konstruksi memiliki jadwal pelaksanaan dari awal hingga akhir keberlangsungan proyek. Akan tetapi keterlambatan proyek masih bisa terjadi, terjadinya keterlambatan dalam suatu proyek konstruksi perlu dilakukannya manajemen proyek. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek x dan berapa lama perbedaan waktu rencana dengan hasil analisa, penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari pihak kontrakor berupa master schedule, reschedule, dan progress mingguan. Selanjutnya data diolah setiap minggu dengan menggunakan metode Earned Schedule (ES) pada saat sebelum dilakukannya reschedule dan sesudah dilakukannya reschedule. Dari analisis jadwal proyek x, dengan menggunakan metode Earned Schedule (ES) didapatkan pekerjaan proyek akan mengalami keterlambatan selama 44 minggu dengan rencana selesai proyek selama 24 minggu. Kemudian hasil analisa pada saat reschedule, didapatkan proyek akan selesai lebih awal 1 minggu dari waktu rencana yang di reschedule, dengan rencana selesai proyek selama 30 minggu.

Keywords


earned schedule, manajemen proyek, reschedule.

Full Text:

PDF

References


Proboyo, B. (1999). Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek: Klasifikasi dan Peringkat dari Penyebab-Penyebabnya. Dimensi Teknik Sipil, 1(1).

Davis, A. (2010). Earned Schedule, An Emerging Earned Value Technique. Ministry of Defence Land Equipment Programme, Project and Risk Manager

Lipke, W., Zwikael, O., Henderson, K., dan Anbari, F. (2009). Prediction of Project Outcome: The Application of Statistical Method to Earned Value Management and Earned Schedule Performance Indexes. International Journal of Project Management, 27(4), 400-407.

Lipke, W. (2012). Earned Schedule Contribution to Project Management. PM World Journal, 1(2).

Lipke, W. (2014). Introduction to Earned Schedule. PM World Journal, 3(11).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :