STUDI LITERATUR DAN SURVEY PROYEK DENGAN MEMBANDINGKAN ANGKA PRODUKTIVITAS PEMASANGAN DINDING PARTISI DAN PENGECATAN

Alvin - Indrajaya, Intan - Maharani, Paulus - Nugraha

Abstract


Dalam masa perkembangan zaman, semakin banyak saingan dalam berbagai hal seperti teknologi, dunia bisnis, dan bidang konstruksi. Dalam bidang konstruksi sendiri, para kontraktor berlomba untuk menyediakan layanan yang berlandaskan prinsip efektif dan efisien. Produktivitas merupakan hal yang sangat penting dalam suatu proyek konstruksi karena berperan sebagai tolak ukur dalam menentukan tingkat efisiensi dan keefektifan dari suatu proyek. Sehingga kita perlu membandingkan produktivitas Indonesia dengan negara maju lainya, kita mengambil negara Singapura yang memiliki BCA 2014, dan kita membandingkan dengan negara berkembang lainya yaitu Filipina. Metode penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan studi literatur dan survey data proyek mengenai pemasangan dinding partisi dan pengecatan dinding dengan standar BCA 2014. Rata- rata angka produktivitas pemasangan dinding partisi di Indonesia adalah 1.60 m2/manhour sedangkan Singapura memiliki angka produktivitas sebesar 2.25 m2/manhour dan Filipina memiliki angka produktivitas sebesar 2.48 m2/manhour.Rata- rata angka produktivitas pengecatan di Indonesia adalah 2.61 m2/manhour sedangkan Singapura memiliki angka produktivitas sebesar 5.5 m2/manhour dan Filipina memiliki angka produktivitas sebesar 2.59 m2/manhour.Dan faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas pemasangan dinding partisi dan pengecatan tersebut ada 3 faktor Moral dan tingkah laku, Pengalaman kerja, dan Material.

Keywords


produktivitas pengecatan, produktivitas pemasangan dinding partisi, BCA 2014 produktivitas

Full Text:

PDF

References


Abduh, M., & Erlianto, B. (2004). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja pada Pekerjaan Pengecatan Dinding. Perpustakaan FTSP UII.

Achmad Waryanto, Luciana Idawati. (2005) Pengaruh Aspek- Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap Peningkatan Produktivitas Buruh pada Proyek Konstruksi. Tesis.

Authority, B. a. (2012). Builder's Guide on Measuring Productivity

Integraph. (2012). Factors Affecting Construction Labor Productivity Managing Efficiency in Work Planning. Integraph Corporation.

Kartono, K. (1992). Kepemimpinan dalam Manajemen. Rajawali Press, Jakarta

Philconprices. (2018, September 2019). Philippine Construction Productivity Rates. Dipetik October 22, 2020, dari Philconprices: https://philconprices.com/tag/philippine-construction-productivity-rates/

Siswanto, Bedjo, (1987). Manajemen Tenaga Kerja. Penerbit Sinar Dunia, Bandung.

Susilo, J. (2018). Kurva Belajar untuk Pemasangan Dinding Partisi pada Pembangunan Gedung Sentral Fakultas Pertanian Tahap III UB Malang.

Oglesby, C. H. (1989). Productivity Improvement in Construction. McGraw-Hill, New Yor


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :