ANALISA PERHITUNGAN HARGA BANGUNAN RUMAH 2 LANTAI MEMAKAI PEDOMAN HSPK 2018 SURABAYA

Yuko Eka Daniswara, Khoe Jonathan Wahyudin, Sentosa - Limanto

Abstract


Pembangunan rumah tinggal sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan akan hunian semakin banyak dilakukan. Para kontraktor rumah tinggal perlu memiliki suatu pedoman yang cukup baik untuk melakukan perhitungan harga rumah yang akan dibangung. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari tahu pedoman seperti apa yang cukup baik bagi para kontraktor rumah tinggal untuk melakukan perhitungan harga rumah tinggal yang akan dibangun. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk memberikan alternatif bagi pembeli rumah untuk bisa mempertimbangkan harga rumah yang akan dibeli.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan HSPK 2018 Surabaya yang dikeluarkan oleh LPSE Surabaya dalam perhitungan rumah tinggal 2 lantai yang diteliti, dan membandingkan harga yang telah dihitung oleh HSPK 2018 Surabaya dengan harga yang diberikan oleh kontraktor. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa perbedaan harga dari perhitungan HSPK 2018 Surabaya dan harga dari kontraktor cukup masuk akal sehingga HSPK 2018 Surabaya dapat dijadikan pedoman untuk melakukan perhitungan harga rumah tinggal 2 lantai dengan beberapa parameter tertentu.

Keywords


harga, rumah tinggal, hspk, kontraktor

Full Text:

PDF

References


Ervianto, W. I. (2006). Manajemen Proyek Konstruksi, ANDI Offset, Yogyakarta.

Limanto, S. Arief, T. D. (2002). "Penelitian Awal Penentuan Waktu Penyelesaian Proyek Dengan Metode PERT Project Evaluation And Review Technique." Dimensi Teknik Sipil - Jurnal Keilmuan dan Penerapan Teknik Sipil. Vol. 4, No.1, 25 - 29.

LPSE LKPP (2020). “Layanan Pengadaan Secara Elektronik.” Tersedia di: https://lpse.lkpp.go.id/eproc4/publik/tentangkami (dilihat pada 31 Maret 2020)

LPSE Pemerintah Kota Surabaya. (2011). "Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK)." Tersedia di: https://2011.lpse.surabaya.go.id/hspk/ebudgeting (dilihat pada 31 Maret 2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :