SIMULASI OPERASI KONSTRUKSI FLEXIBLE PAVEMENT DENGAN MODEL CYCLONE STUDI KASUS : PROYEK JALAN KOTA DI TARAKAN

William Christian Tedjo, Charles - Kuanda, Ratna Setiawardani Alifen

Abstract


Proyek konstruksi merupakan proyek yang unik karena akan selalu terdapat perbedaan di setiap proyek konstruksi, namun dalam proyek konstruksi banyak kegiatan repetitif yang dilakukan oleh sumber daya proyek (manusia, mesin, dan material), sehingga membentuk sebuah siklus, dimana semua kegiatan akan berhubungan satu sama lain. Seiring dengan berkembangnya teknologi, konsep CYCLONE (CYCLic Operation NEtwork) merupakan teknologi yang digunakan untuk membantu efisiensi kegiatan repetitif, untuk mengetahui produktivitas operasional dan idle time sumber daya proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui idle time pada operasi konstruksi flexible pavement dengan menggunakan model operasi yang sudah ada dan mengetahui kebutuhan truck yang digunakan agar dapat. Permodelan yang dibuat menggunakan elemen-elemen dasar dari CYCLONE. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi lapangan dan data historical. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek jalan yang ditinjau memiliki produktivitas untuk 1 unit AMP, 1 unit spreader, dan 6 unit truck adalah 1.30 meter per menit. Penggunaan 6 truck untuk hauling memiliki idle time 0.00% pada AMP, 18.94% pada spreader, dan 49.94% pada truck. Hasil dari penelitian dibuat model yang mengurangi jumlah truk menjadi 2 agar dapat mengurangi idle time pada setiap sumber daya. Untuk proyek ke depan telah dibuatkan acuan untuk menentukan jumlah truck yang akan digunakan berdasarkan lokasi proyek dengan AMP.

Keywords


cyclone, produktivitas, idle time, konstruksi flexible pavement

Full Text:

PDF

References


Australian Asphalt Pavement Association. (2010). Asphalt Mixing Plants.

Darlan. (2014, July 23). Konstruksi Perkerasan Lentur (Flexible Pavement). Retrieved from https://dpupr.grobogan.go.id/info/artikel/29-konstruksi-perkerasan-lentur-flexible-pavement

Genat, R. (1995). Road Construction. Motorbooks International Publisher & Wholesalers.

Halpin, D. W., & Riggs, L. S. (1992). Planning and Analysis of Construction Operations.

Peurifoy, R. L., Schexnayder, C. J., & Shapira, A. (2006). Construction Planning, Equipment, and Methods (Vol. Seventh Edition).

The Asphalt Institute. (1965). Asphalt Paving Manual (Vol. Second Edition).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :